batampos.co.id – Pengurus Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Kepulauan Riau (Kepri) resmi dilantik oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) IHGMA, Jumat (26/3/2021) di Nagoya Mansion Hotel and Residence Batam.

Selain dihadiri oleh DPP IHGMA, juga dihadiri sejumlah pejabat provinsi Kepri dan Kota Batam.

Seperti Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang diwakili Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, Kadisbudpar Bintan Wan Rudi, Kadin Kota Batam serta sejumlah asosiasi peristiwa lainnya juga hadir dalam acara tersebut.



Ketua DPD IHGMA Kepri, Yeyen Heryawan, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan seluruh anggota yang telah diberikan kepada dirinya untuk memimpin IHGMA di provinsi Kepri.

Para pengurus Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Kepulauan Riau (Kepri) resmi dilantik oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) IHGMA, Jumat (26/4/2021) di Nagoya Mansion Hotel and Residence Batam. Foto: Angga/batampos.co.id

Yeyen berharap, kedepannya seluruh GM bisa berkarya dan ikut membantu peningkatan SDM pariwasata di Kepri.

“Selain itu, GM yang telah bergabung harus bisa lebih berkompeten, lebih profesional, mempunyai networking yang tinggi dan integrity yang bagus untuk kelangsungan bisnis perhotelan di Kepri,” ucapnya.

Usai pelantikan, IHGMA Kepri melakukan penandatanganan MoU dengan Batam Tourism Polytechnic (BTP) dan SMK Adimulya, mengenai program ‘one GM one SMK’.

Dimana seorang GM bisa memegang satu sekolah menengah kejuruan atau universitas untuk sharing dan mengajar.

Menurutnya, asosiasi IHGMA berinti pada profesionalisme, integrity dan networking. Yang mana kegiatan pembinaan ini akan berdampak bagi profesionalisme karyawan kedepannya.

“Hal ini tidak lain untuk meningkatkan SDM, yang juga akan membangun dunia pariwisata,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, menyampaikan dukungan dan harapan kepada pengurus IHGMA agar bisa berperan membangkitkan kembali pariwisata di Kepri.

Meskipun masih kondisi pandemi covid-19, pihaknya telah bertekad, namun dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Ayo kita bersama-sama membangkitkan gairah pariwisata Kepri. Karena Kepri menjadi penyumbang terbesar kedua bagi Indonesia dalam hal kunjungan wisman (wisatawan mancanegara) dan Kepri menjadi pintu masuk bagi dua negara (Singapura dan Malaysia),” ucapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa tidak lama lagi, pariwisata di wilayah Nongsa dan Lagoi yang menjadi salah satu destinasi yang memungkinkan untuk lokasi penerapan konsep travel bubble.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan semua pelaku pariwisata harus berinovasi, berkolaborasi dan beradaptasi yang mana hal tersebut sesuai dengan pesan Menparekraf, Sandiaga Uno.

“Saya yakin kepengurusan IHGMA kali ini bisa bekerjasama dengan baik sehingga pariwisata Kepri akan jaya,” pungkasnya.

Adapun masa jabatan kepengurusan DPD IHGMA Kepri berlangsung sejak 2021 hingga 2024 mendatang.(*)