batampos.co.id – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam mendata angka penularan Covid-19 di Kota Batam telah mencapai 6.122 kasus. Tercatat, Kecamatan Batam Kota sampai saat ini masih berstatus zona merah, dengan jumlah pasien dirawat bertambah menjadi 54 orang.

Satu Kecamatan lainnya yang sebelumnya zona oranye, kini juga naik menjadi zona merah dengan jumlah pasien yang dirawat yakni 26 orang, adalah Lubukbaja.

Sementara, dua kecamatan lainnya masih berzona oranye yakni Kecamatan Bengkong dan Sekupang dengan jumlah pasien yang dirawat sebanyak 19 orang dan 14 orang. Sedangkan, lima kecamatan lain di mainland yakni, Batuaji, Sagulung, Batuampar, Seibeduk dan Nongsa, berstatus zona kuning.


Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, pada Minggu (29/3) ada tambahan 11 kasus baru. Dimana, enam kasus terkonfirmasi tanpa gejala dan lima kasus lainya terkonfirmasi bergejala.

”Total sampai hari ini sudah ada 6.122 pasien positif Covid-19 di Batam,” katanya kepada Harian Batam Pos, kemarin.

Selain tambahan kasus baru, Didi menyebut juga ada penambahan pasien sembuh berjumlah 11 orang. Dengan penambahan ini, jumlah pasien sembuh mencapai 5.816 orang.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 juga mencatat, tingkat kasus aktif sebesar 2,467 persen. Dimana, tingkat kesembuhan yakni 95 persen dan tingkat kematian Covid-19 sebesar 2,532 persen.

Sampai kemarin, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam telah memeriksa 28.582 RT PCR, dengan hasil 22.289 negatif dan 6.122 lainnya positif, sedangkan 171 sampel lain masih dalam proses (on proses).

Sementara, bila melihat jumlah yang sudah di-rapid test mencapai 35.198 orang dengan rapid test reaktif berjumlah 2.798 orang. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam juga tak hentihentinya mengimbau masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol 5M, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

”Tetap memakai masker, dan ingat pesan ibu yakni 5M,” imbau Didi. (*/jpg)