batampos.co.id – Maskapai Penerbangan AirAsia telah membuat program AirAsia Unlimited Pass yang menawarkan kesempatan terbang sepuasnya ke destinasi domestik Indonesia dan ASEAN yang dilayani AirAsia Indonesia seharga Rp 1,6 juta.

Senior Marketing Manager AirAsia Indonesia Priska Lampangateia mengatakan, program ini menawarkan waktu periode yang lebih lama hingga 1 tahun dan jangkauan destinasi yang lebih luas.

“ASEAN Unlimited tersedia untuk periode pembelian mulai 29 Maret hingga 4 April 2021, periode penerbangan mulai 12 April hingga 26 Maret 2022,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (29/3).


Ia mengungkapkan, penumpang pemegang ASEAN Unlimited langsung dapat menukarkannya dengan tiket untuk tanggal keberangkatan minimal 14 hari sebelum jadwal keberangkatan yang diinginkan. Priska Lampangateia mengatakan, calon penumpang juga dapat memanfaatkan ASEAN Unlimited untuk merencanakan perjalanan bisnis, esensial dan wisata ke berbagai destinasi domestik Indonesia hingga berkali-kali selama satu tahun tanpa dikenai tarif dasar.

“ASEAN Unlimited memungkinkan pelanggan mengunjungi berbagai kota di hari yang sama dengan harga lebih hemat. Pelanggan dapat memesan hingga dua penerbangan untuk terbang di hari yang sama namun dari tempat keberangkatan yang berbeda,” tuturnya.

Priska menuturkan, jadwal penerbangan yang tersedia untuk dipesan oleh pemegang ASEAN Unlimited adalah yang terdapat tanda ‘Diskon 100 Persen’. Harga yang ditampilkan adalah pajak bandara dan biaya yang dibayar untuk rute tersebut.

“Jika salah satu jadwal penerbangan yang dipilih tidak memiliki tanda Diskon 100 Persen. Artinya, ASEAN Unlimited tidak tersedia untuk penukaran pada tanggal tersebut atau tanggal yang dipilih termasuk dalam periode embargo,” ungkapnya.

Embargo sendiri, merupakan istilah lain dari tanggal blackout, yang mengacu pada hari libur umum dan nasional, liburan sekolah, serta periode perjalanan padat liburan. Periode pembelian tiket mulai dari 29 Maret-4 April 2021, lalu periode penukaran 29 Maret 2021-12 Maret 2022, dan periode terbang 12 April 2021 – 26 Maret 2022.

Adapun tujuan domestik Indonesia untuk ASEAN Unlimited diantaranya Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Belitung, Pontianak, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Lombok, Sorong, dan Labuan Bajo.

Sementara tujuan destinasi ASEAN untuk ASEAN Unlimited diantaranya Singapura, Johor Bahru, Kuala Lumpur, Penang, dan Bangkok. Untuk destinasi ASEAN, tentunya hal ini wajib mengikuti regulasi yang berlaku di negara tujuan.

Ia mengungkapkan, program AirAsia Unlimited Pass pada November 2020 lalu menerima respons luar biasa dari masyarakat. Selama periode pembelian hanya dalam 7 hari, Unlimited Pass telah dipegang lebih dari 19.000 anggota BIG. Jumlah penukaran Unlimited Pass mencapai 52.000 tiket penerbangan, dengan penukaran tiket terbanyak per orang sejak diluncurkan adalah 48 kali.(jpg)