batampos.co.id – Sudah sepekan SDN 013 Sekupang yang berlokasi di Perumahan Victoria, Kelurahan Tanjungriau, melaksanakan proses belajar tatap muka.

Sejauh ini, pelaksanaan belajar tatap muka berjalan lancar, dimana sekolah menerapkan sistem belajar sesuai kelasnya masing-masing.

Sehingga, siswa yang masuk bergantian dan dilakukan srerilisasi saat pergantian kelas.


Misalnya, pada Senin aktivitas belajar untuk kelas VI, Selasa untuk kelas V, Rabu untuk kelas IV, Kamis untuk kelas III, Jumat untuk kelas I, dan Sabtu untuk kelas II.

”Karena lokal kita terbatas, makanya untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan kita terapkan per kelas per hari,” ujar Kepala SDN 013 Sekupang, Imam Rasyid, Senin (29/3/2021).

Meski bergantian, bukan berarti siswa yang tak masuk pada hari aktif belajar diliburkan.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meninjau sistem belajar tatap muka di salah satu sekolah di Kecamatan Belakang Padang. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

”Untuk murid yang sedang tidak jadwal belajar tatap muka di sekolah, tetap mengikuti materi pelajaran dari rumah melalui during,” tambahnya.

Murid yang masuk belajar tatap muka, wajib menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik selama berada di lingkungan sekolah.

Tempat duduk murid juga diberi plastik pembatas sehingga protokol jaga jarak benar-benar terlaksana dengan baik.

Tidak itu saja, sistem belajar per kelas per hari juga menggunakan sistem belajar tiga sif setiap hari.

Tujuannya sama, tetap menjaga jarak duduk siswa dalam satu ruangan.

”Setiap hari ada tiga sif. Setiap pergantian sif, ruangan belajar disterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan. Ini memang sudah menjadi komitmen bersama demi melawan wabah pandemi Covid-19 ini,” kata Imam.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Batam membolehkan 122 SD negeri dan swasta menggelar belajar tatap muka di sekolah.

Bagi sekolah yang diizinkan belajar tatap muka, wajib menaati protokol kesehatan yang ditetapkan, serta melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang penerapan protokol kesehatan.

Seperti, fasilitas untuk mencuci tangan, penyediaan hand sanitizer, dan menjaga jarak tempat duduk, penyediaan thermo
gun untuk mengecek suhu tubuh, dan beberapa ketentuan lainnya.

”Iya, Senin ini (kemarin) memang sudah boleh belajar tatap muka untuk SD yang lolos verifikasi,” ujar Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan.

Meski begitu, Kepala Dinas tetap menekankan agar sekolah mengawasi penerapan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya demi meminimalisir terjadinya kasus Covid-19 di lingkungan sekolah.(jpg)