batampos.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Kepri memutuskan untuk memperbolehkan dilaksanakannya salat tarawih berjamaah di masjid-masjid pada bulan puasa tahun ini.

Bagi mendukung kebijakan tersebut, Pemerintah Provinsi Kepri akan segera mengeluarkan Surat Edaran (SE).

“Pemprov segera membuat surat edaran tentang pelaksanaan salat tarawih di masjid kepada seluruh bupati/wali kota. Dalam surat edaran itu, kita meminta pengelola masjid memperketat protokol kesehatan bagi jemaah salat tarawih,” ujar Sekda Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah, Senin (29/3) di Tanjungpinang.



Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Kepri tersebut menegaskan, jemaah tetap harus pakai masker, mengatur jarak saf, dan menyiapkan saran cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Selain itu, bagi masjid yang melaksanakan salat tarawih dianjurkan telah mengikutsertakan imam, bilal, dan khatib untuk mendapatkan suntik vaksin Covid-19. Masih kata Arif, untuk wilayah Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang, Kota Batam, dan Kabupaten Bintan sudah melaksanakan vaksinasi terhadap ribuan imam hingga marbot masjid.

Upaya ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman saat melakukan ibadah salat tarawih di masjid, karena mereka bakal berhadapan dengan berbagai kalangan jemaah.

”Setelah divaksin, tentu mereka lebih percaya diri melayani jemaah salat tarawih di masjid. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini perlu upaya bersama, bukan hanya dari satu pihak saja,” jelas Arif.

Lebih lanjut katanya, vaksinasi imam hingga marbot masjid diharapkan membuat masyarakat lebih kusuk mengikuti salat tarawih.

Diakui Arif, pihaknya tidak ingin seperti Ramadan tahun lalu, masjid tutup karena ada kebimbangan muncul klaster baru penularan Covid-19. “Proses vaksinasi terus kita gesa, karena ini langkah bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional dan daerah,” tutup Arif Fadillah.

Seperti diketahui, vaksinasi tahap pertama dilaksanakan di dua tempat yaitu di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Untuk Kota Tanjungpinang, di Aula Masjid Raya Nur Ilahi Dompak, jumlahnya sekitar 1.200 orang yang terbagi dalam dua hari.

Sedangkan di Kabupaten Bintan akan disebar di beberapa titik yaitu Bintan Utara, Sri Kuala Lobam, Teluk Sebong, Toapaya, Teluk Bintan, Gunung Kijang, Bintan Timur, Mantang, Bintan Pesisir, dan Tambelan. Vaksinasi tersebut rata-rata dilaksanakan di Puskesmas masing-masing kecamatan tersebut.(*/jpg)