batampos.co.id – Kotak hitam atau black box jenis cockpit voice recorder (CVR) milik Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1) lalu berhasil ditemukan. CVR diduga berisi perekaman suara pada kokpit.

“Sudah ditemukan, akan disampaikan oleh Pak Menhub (Budi Karya Sumadi),” kata juru bicara Kemenhub, Adita Irawati saat dikonfirmasi, Rabu (31/3).

Sebelumnya, black box FDR milik pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah lebih dulu ditemukan. Proses evakuasi terhadap pesawat dihentikan setelah sebelumnya selama 13 hari dilakukan evakuasi di sekitar kawasan Kepulauan Seribu.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya menyampaikan, meski evakuasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak resmi diberhentikan. Pencarian terhadap CVR milik Sriwijaya Air SJ-182 tetap dilakukan pencarian.

“Kami berkomitmen tetap melakukan upaya-upaya dan mengalih lead daripada ini ke KNKT, dimana KNKT sudah mendapat kesepakatan dari KSAL, TNI dan Polri untuk melakukan operasi lanjutan dengan yang ada di Pulau Lancang,” kata Budi di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (21/1) lalu.(jpg)