batampos.co.id – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terus mencatat adanya penambahan pasien baru Covid-19. Pada Selasa (30/3), tercatat ada tambahan delapan kasus baru Covid-19.

Data hingga kemarin, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam mencapai 6.137 orang.

”Hari ini (kemarin) ada delapan kasus baru. Dimana, 1 kasus bergejala dan 7 kasus tanpa gejala,” ungkap Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (30/3/2021).


Selain pasien baru, tim gugus tugas juga mencatat tambahan 12 orang pasien Covid -19 yang sembuh.

Total, hingga saat ini pasien yang sembuh berjumlah 5.837 orang. Didi menambahkan, untuk peta zona per kecamatan, wilayah Batam Kota masih berstatus zona merah.

Peta situasi terkini positif Covid-19 berdasarkan kecamatan.

Di mana, 51 pasien di antaranya masih dalam perawatan. Selain itu, Kecamatan Lubukbaja yang sebelumnya zona merah, saat ini sudah turun ke zona oranye dengan jumlah pasien yang dirawat sebanyak 22 orang.

Begitu juga kecamatan Sekupang berstatus zona oranye dengan jumlah pasien yang dirawat yakni 14 orang.

Sedangkan lima kecamatan lain di mainland yakni, Batuaji, Sagulung, Batuampar, Seibeduk dan Nongsa berstatus zona kuning.

Didi menyebutkan adanya peningkatan kasus baru Covid-19 di Batam. Begitu juga dengan pasien yang dirawat juga ikut naik seiring bartambahnya kasus.

”Memang agak sedikit merangkat naik. Tapi belum signifikan,” ujarnya.

Total sampai kemarin, sudah lebih dari 20 ribu masyarakat Batam mendapatkan vaksin Covid-19. Vaksinasi ini akan terus disalurkan pada seluruh masyarakat Batam.

”Vaksinasi jalan terus. Kita harapkan dengan vaksinasi ini, angka Covid-19 bisa turun,” tambahnya.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam juga tak henti mengimbau masyarakat akan pentingnya menerapkan 5M, yakni menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilisasi
di luar rumah.

”Kepada orang tua, kita imbau juga untuk tetap melindungi anaknya. Karena ada temuan kasus baru dari klaster keluarga atau dari orang tuanya,” imbau Didi.

Sampai kemarin, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam telah memeriksa 28.704 tes PCR, dengan hasil 22.384 negatif dan 6.137 lainnya positif, sedangkan 183 sampel lain masih dalam proses (on proses).

Sementara, bila melihat jumlah yang sudah di-rapid test mencapai 35.244 orang dengan hasil rapid test reaktif berjumlah 2.812 orang.(jpg)