batampos.co.id – Salah satu permasalahan yang sering terjadi saat menggunakan sepatu secara terus menerus adalah bau yang kurang sedap.

Aroma ini sendiri umumnya timbul akibat kaki yang berkeringat dan membuat lembab pada area sepatu bagian dalam.

Jika dibiarkan terus menerus maka dapat menimbulkan penyakit kulit seperti jamur, juga mengganggu orang lain yang ada di sekitar kamu.



Sehingga segera pastikan untuk mengatasi masalah ini secepat mungkin.

7 Cara menghilangkan bau pada sepatu

 Rahasia untuk benar-benar menghilangkan aroma tidak sedap dari sepatu bukan hanya menggunakan semprotan penghilang bau loh! karena itu hanya bersifat sementara.

Untuk mengatasi secara permanen, pakailah langkah efektif dan sederhana seperti di bawah ini untuk membunuh bakteri sampai ke sumbernya.

# Menggunakan soda kue

Soda kue memiliki fungsi untuk membersihkan noda dan juga mampu menjadi pengharum alami. Cara mengaplikasikannya sendiri sangat mudah, cukup tuang soda kue dan campurkan dengan minyak aromaterapi, ikat kemudian letakan pada kain bagian sepatu. Diamkan selama semalaman dan lihat pada keesokan harinya, bakteri maupun bau tidak sedap sudah menghilang.

# Menggunakan Kapas

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah menuangkan beberapa minyak esensial pada kapas, letakan pada area sepatu bagian dalam dan diamkan semalam. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan pewangi beraroma segar seperti lemon atau jeruk.

# Jemur di bawah sinar matahari

Salah satu cara paling ampuh dan mudah untuk diaplikasikan yaitu dengan menjemur sepatu di bawah sinar matahari. Namun sebelum meninggalkannya untuk beraktivitas, pastikan untuk meletakan alas kaki pada posisi yang tepat dan diamkan selama beberapa jam. Cara ini dapat membunuh kuman serta mengeringkan area yang lembab.

 # Masukan Dalam Freezer

Saat membacanya mungkin sebagian dari kamu cukup tercengang bukan? Tapi memang begitulah faktanya. Akan tetapi sebelum meletakkannya pada freezer masukan dahulu alas kaki ke dalam kantong ziplock dan keluarkan semua bahan makanan terlebih dahulu, agar terhindar dari kuman maupun bakteri.

# Kulit Lemon

Sejak lama kulit lemon diketahui memiliki berbagai fungsi di dapur seperti menghilangkan bau pada makanan dan memberikan aroma segar.

Namun ternyata si kuning ini memiliki kemampuan lainnya yaitu juga mampu membuat aroma tidak sedap pada sepatu menghilang. Untuk pengaplikasiannya sendiri cukup letakan kulit lemon semalaman pada sepatu yang berbau selama satu malam!

# Alkohol

Untuk membunuh bakteri dan bau membandel, kamu bisa menggunakan alkohol semprot atau gosok yang dipercaya dapat menjadi antiseptik terbaik.

Jangan khawatir mengaplikasikannya pada alas kaki yang masih ditemukan dalam keadaan agak basah, karena alkohol dapat menguap dengan cepat pada bagian kering atau lembab sekalipun.

# Sabun batang

Cara lainnya mengusir aroma tidak sedap pada alas kaki adalah menggunakan sabun batang. Produk pembersih ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap bau dan menggantikannya dengan aroma segar, serta merupakan metode yang tepat serta mudah untuk dilakukan siapa saja.

Selain 7 langkah di atas, cara lainnya yang harus dilakukan dengan rutin adalah mengeluarkan alas kaki dari lemari sepatu untuk memberikan sirkulasi udara yang baik, minimal satu kali dalam sebulan. Dengan cara ini kamu juga dapat membantu mencegah bau tidak sedap pada furniture.

Demikian tips tips untuk menghilangkan bau kaki pada sepatu yang bisa anda coba dan praktekan di rumah.(*)