batampso.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmajardi, menyebut masih ada 25 ribuan dosis vaksin Covid-19 untuk petugas layanan publik yang belum disalurkan.

Dinkes dan gugus tugas penanganan Covid-19 menargetkan vaksinasi tahap kedua dengan sasaran aparatur sipil negara
(ASN), petugas layanan publik dan lansia ini akan rampung
dalam waktu dua bulan.

”Vaksin tahap kedua ini untuk ASN, petugas layanan publik dan lansia. Yang kami terima ada 35 ribuan dosis vaksin dan yang sudah dipakai sekitar 10 ribuan,” ujarnya, Rabu (31/3/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.



“Masih ada 25 ribuan dosis dengan target perampingan (vaksinasi tahap kedua) dalam waktu dua bulan. (Vaksinasi tahap kedua) sudah dua pekan berjalan,” katanya lagi.

Vaksinasi petugas layanan publik terakhir dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam. Ada 138 petugas Lapas yang divaksinasi, siang kemarin.

Vaksin yang digunakan merk AstraZeneca. Kadinkes Batam mendampingi langsung proses vaksinasi petugas Lapas tersebut.

Kalapas Batam Dannie Firmansyah menyambut baik pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Dia berharap agar petugas yang sudah terima vaksinasi tersebut tetap sehat kedepannya demi menjaga lingkungan Lapas dari paparan Covid-19.

”Bagaimanapun petugas kita ini menyentuh langsung dengan khalayak ramai di dalam lingkungan Lapas ini. Kesehatan dan sterilnya lingkungan Lapas tergantung dari petugas-petugas ini,” tuturnya.

“Satu saja kena maka akan menyebar ke semua lingkungan Lapas. Ini yang kita jaga sehingga kita sangat mendukung program vaksinasi dari Pemerintah ini,” ujarnya lagi.

Selama pandemi ini mewabah lingkungan Lapas Batam sudah sangat ketat menerapkan protokol kesehatan seperti meniadakan jadwal besuk atau kunjungan pribadi, membuka layanan penitipan barang drive thru demi menghindari kontak langsung dengan masyarakat dari luar.

Serta mengatur aktifitas masyarakat binaan di dalam agar selalu dengan protokol tiga M (menjaga jarak, menggunakan masker danmencuci tangan).

”Alhamdulillah sejauh ini lingkungan Lapas aman dari paparan Covid-19, dan semoga tetap begini sehingga wabah ini segera berakhir,” ujar Dannie.(jpg)