batampos.co.id – BPJS Kesehatan Cabang terus melakukan berbagai upaya dalam hal mengelola dan menangani pengaduan peserta.

Selain mengintegrasikan penanganan dan pengaduan peserta lewat aplikasi LAPOR! dan layanan Care Center 1500-400, BPJS Kesehatan memberikan akses informasi dan pengaduan lewat Petugas Penanganan Pengaduan Peserta di setiap kantor cabang.

Petugas Penanganan Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Batam, Enoni Mory Gita, mengatakan, sebagai Duta BPJS Kesehatan yang bertugas untuk mengatasi keluhan peserta ia berkewajiban menjembatani kebutuhan peserta dan prosedur operasional yang ada.


Tidak hanya sekedar mendengarkan, tapi juga harus mencari solusi atas keluhan yang ada.

Customer focus adalah salah satu hal yang harus diimplementasikan oleh setiap Duta BPJS Kesehatan dalam melaksanakan tugas,” ujarnya.

Salah seorang pengawai BPJS KEsehatan Cabang Kota Batam memberikan penjelasan kepada salah seorang peserta JKN-KIS. Foto: BPJS Kesehatan Cabang Batam

Biasanya kata dia, ketika tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, peserta akan menyampaikan keluhan.

“Upaya yang akan kami lakukan adalah keluhan ini akan langsung kami tindaklanjuti,” katanya.

Ia mengatakan, keberadaannya untuk memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta adalah upaya BPJS Kesehatan untuk memberikan kenyamanan apabila terjadi hal yang tidak sesuai dengan hak peserta dalam proses pelayanan kesehatan.

“Dari sekian banyak pengaduan yang diterima oleh BPJS Kesehatan, mayoritas pengaduan peserta adalah tentang pelayanan di fasilitas kesehatan, atau masalah administrasi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, jika memang ada peserta yang mengalami pelayanan yang tidak sesuai, diminta untuk segera melapor ke kantor BPJS Kesehatan.

“Jika tidak bisa datang ke kantor, silahkan melalui aplikasi Mobile JKN. Dari kanal apapun akan kami tindaklanjuti,” kata Noni.

Salah satu peserta JKN-KIS, Nuri, yang datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan Batam menyampaikan keluhan terkait prosedur penjaminan kasus kecelakaan lalu lintas yang dialami keluarganya.

“Saya benar-benar merasakan BPJS Kesehatan sangat memperhatikan peserta. Sangat memperjuangkan jika kita sebagai peserta menyampaikan keluhan dan permasalahan,” kata Nuri.

Menurutnya pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan sangat-sangat baik.

Bahkan petugas harus pulang lebih lama demi memperhatikan laporan peserta.

“Pelayanan kepada klien sangat-sangat baik bahkan harus pulang lebih lama demi menyelesaikan laporan saya. Akhirnya keluarga saya bisa dijamin berkat arahan dari petugas,” kata Nuri.(*/esa)