batampos.co.id – Usai divaksinasi Covid-19, tentu harus tetap memerhatikan pedoman dasar agar tubuh bisa kebal. Jangan sampai setelah divaksinasi justru terinfeksi Covid-19.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan setelah vaksinasi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan beberapa pedoman usai divaksinasi seperti dilansir dari Science Alert, Minggu (4/4). Apa saja itu?

1. Tunggu Dosis Kedua


CDC menganjurkan seseorang divaksinasi penuh sampai setidaknya dua minggu setelah dosis kedua. Itu karena butuh waktu untuk membangun kekebalan. Seorang dokter penyakit dalam dr. Vivek Cherian, di Baltimore, mengatakan kepada Insider bahwa jangan lalai dan lengah jika belum divaksinasi kedua.

“Anda benar-benar menunggu beberapa minggu ekstra untuk mendapatkan dosis kedua dan menuai manfaat dari itu,” katanya.

2. Hindari Pertemuan Besar jika Tinggal dengan Orang-orang yang Tidak Divaksinasi

CDC mengatakan tidak apa-apa bagi orang yang divaksinasi untuk melepas masker mereka saat mengunjungi orang lain asalkan juga divaksinasi lengkap di dalam ruangan.

“Panduannya cukup mudah. Namun, ada beberapa anggotanya divaksinasi dan yang lainnya tidak,” kata seorang dokter pengobatan keluarga dan kepala petugas medis di Premise Health, dr. Jonathan Leizman, kepada Insider.

Dokter umumnya menyarankan agar rumah tangga ini boleh melakukan aktivitas di luar ruangan namun menghindari pertemuan besar sampai semua anggota mendapatkan suntikan. Misalnya, di keluarganya, dia divaksinasi tetapi istri dan anak-anaknya tidak. Jadi mereka harus memilih untuk menahan diri dari aktivitas dengan orang banyak, seperti pesta ulang tahun.

3. Rumah Tangga dengan Individu Berisiko Tinggi Harus Ekstra Hati-hati

Leizman mengatakan penting untuk mempertimbangkan apakah orang yang tidak divaksinasi di rumah rentan terhadap Covid-19 yang parah. Jika itu masalahnya, bahkan orang yang divaksinasi harus terus memakai masker di depan umum dan memastikan pertemuan dengan orang-orang di luar rumah berada dalam jarak sosial dan di luar ruangan.

4. Hindari Kumpul-kumpul dengan Orang yang Belum Divaksinasi

CDC merekomendasikan agar orang yang divaksinasi terus menghindari pertemuan tatap muka skala menengah dan besar. Konser, pernikahan, dan acara berskala besar lainnya meningkatkan risiko superspreader. Untuk saat ini, dia menyarankan orang yang divaksinasi penuh harus tetap menghindari jenis pertemuan ini jika mengundang orang yang belum divaksinasi.

“Jika semua orang telah divaksinasi penuh, risiko yang ada sangat rendah bagi mereka yang hadir. Namun ketika mulai mengadakan pertemuan yang lebih besar dan menyertakan individu yang tidak divaksinasi dari banyak rumah tangga yang berbeda, risiko penularan Covid-19 meningkat,” kata ahli.

5. Hati-Hati saat Naik Pesawat

CDC merekomendasikan agar orang yang divaksinasi penuh terus menahan diri dari perjalanan yang tidak penting, tetapi pedoman tersebut boleh jika memang mendesak. Para ahli mengatakan hanya sedikit risiko tertular saat naik pesawat setelah Anda divaksinasi penuh.

“Tapi tentu saja, harap berhati-hati selama perjalanan termasuk mengenakan masker yang pas setiap saat di tempat umum, berusaha menjaga jarak secara fisik jika memungkinkan dan mencuci tangan dengan baik,” kata seorang dokter gawat darurat di Baltimore, dr. Leana Wen, mengatakan kepada CNN.(jpg)