batampos.co.id – ASTON Batam Hotel & Residence mengumumkan fasilitas terbaru yaitu penggunaan teknologi Google Assistant yang secara eksklusif hanya tersedia pada tipe kamar ASTON Suite yang berjumlah 8 kamar.

Sebagai hotel pertama di Batam yang mengusung teknologi ini, ASTON Batam membuktikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik untuk menunjang aktivitas seluruh tamu yang menginap di hotel ini.

Vice President of Technology and Integration Archipelago International, Jules Brookfield, secara resmi memperkenalkan dan memberikan demo teknologi tersebut secara langsung kepada rekan media yang hadir pada konferensi pers di ASTON Batam.


“Adapun kegunaan dari Google Assistant adalah setiap tamu yang menginap dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan beberapa perangkat pintar di dalam kamar,” ujarnya.

General Manager Aston Batam Hotel and Residence, Yanuwar Dedy,  sedang memanggil resepsionis lewat fasilitas Google Assistant. Foto: Angga/batampos.co.id

Seperti lampu, TV, AC, musik, dan masih banyak lagi hanya dengan perintah suara tanpa sentuhan.

Dengan adanya fasilitas ini lanjutnya, para tamu bisa meminimalisir sentuhan pada setiap perangkat yang semakin mendukung gaya hidup modern.

Selain fasilitas Google Assistant, ada beberapa fasilitas tambahan yang hanya tersedia di tipe kamar ASTON Suite.

Di antaranya adalah mesin kopi espresso dari Dolce Gusto, TV LED dengan Ultra High Definition (4K), saluran TV digital yang dapat menampilkan siaran langsung dari luar negri, koneksi internet dengan Wi-Fi dengan kecepatan hingga 150 mbps, dan lain-lain.

Berbagai kegiatan pun dapat Anda lakukan dengan bantuan Google Assistant, mulai dari memanggil butler, resepsionis, memutar Spotify, YouTube dan cek suhu ruangan.

Hingga menampilkan tampilan Google Meet atau Zoom di layar TV pun dapat dilakukan oleh perangkat Google Nest ini.

“Setiap kalimat perintah cukup dimulai dengan kata ‘Hai Google’, maka perangkat tersebut akan menjalankan tugasnya sesuai permintaan,” tuturnya.

Selain itu, Google Assistant juga bisa membantu tamu untuk memasang alarm atau membuat jadwal di Google Calendar.

Uniknya lagi, teknologi modern ini juga bisa memutar lagu apapun sesuai suasana hati hingga menjadi penerjemah bahasa.

Inovasi selanjutnya dari ASTON Batam adalah fasilitas self check-in sebagai sarana yang mendukung pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan.

Selain memudahkan para tamu, teknologi ini juga sangat efektif untuk memperkecil interaksi antara tamu dan karyawan hotel saat melakukan proses check-in.

Prosesnya hanya membutuhkan waktu selama 3-5 menit dan kartu akses kamar dapat langsung diberikan melalui keycard station yang tersedia di area lobby.

“ASTON Batam Hotel & Residence selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh tamu demi menciptakan keamanan dan kenyamanan, serta berkomitmen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” tutupnya.(*)