batampos.co.id – Sebentar lagu puasa Ramadan. Kurma pun mulai bermunculan. Salah satunya kurma Tunisia yang dikenal sangat berkualitas. Negara lain di dunia menjadikan kurma Tunisia sebagai kudapan paling utama saat Ramadan. Sejumlah negara mengimpor kurma Tunisia yakni Maroko, Malaysia, Spanyol, Indonesia, Turki, AS, dan Belgia.

Otoritas Tunisia mengonfirmasi bahwa Maroko mengimpor 20 ribu ton kurma Tunisia selama musim yang berlangsung dari 1 Oktober hingga 15 Maret 2021. Sehingga menjadikan Maroko sebagai salah satu importir teratas.

Direktur jenderal kompleks tersebut, Samir Bin Sulaiman, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada pers bahwa Maroko memimpin dengan 20 ribu ton, diikuti oleh Italia 7 ribu ton, Prancis 6 ribu ton, dan Jerman hampir 6 ribu ton.


Kurma organik yang diekspor berjumlah sekitar 6 ribu ton dengan nilai USD 16,4 juta, yang setara dengan 7,4 persen dari total produk yang diekspor, dan 8,6 persen dari nilai ekspor ke sekitar 31 negara.

Pejabat itu menjelaskan bahwa jumlah kurma Tunisia yang diekspor selama periode ini berjumlah 81 ribu ton, dengan nilai USD 192 juta dibandingkan dengan 80,3 ribu ton, setara dengan USD 200 juta selama periode yang sama musim terakhir 2019-2020.

Direktur Jenderal Kompleks Profesional juga menunjukkan bahwa ada penurunan 1,8 persen dari jumlah yang diekspor tercatat, dibandingkan dengan penurunan tingkat nilai 3,7 persen. Penurunan harga tersebut disebabkan oleh persaingan yang ketat dari negara penghasil kurma lainnya, ketakutan terhadap pemasok, dan ketidakstabilan di tingkat pasar luar negeri karena penyebaran Covid-19 yang terus berlanjut.

Budaya Makan Kurma di Timur Tengah

Kurma adalah salah satu produk yang paling banyak dikonsumsi selama Ramadan. Kebanyakan orang Maroko makan kurma dengan susu atau air untuk berbuka puasa di Bulan Ramadan.

Kurma disebutkan 20 kali dalam Alquran. Muslim secara tradisional berbuka puasa dengan kurma. “Ketika salah satu dari Anda berbuka puasa, biar itu dengan tanggal itu adalah berkah; jika tidak ada kurma maka dengan air, karena itu adalah sarana pemurnian,” sebagaimana diriwayatkan oleh riwayat al-Tirmidzi.

Ada banyak jenis kurma, masing-masing memiliki ciri dan rasa yang berbeda. Beberapa varietas tersebut adalah deglet nour, majhoul, dan ajwa.(jpg)