batampos.co.id – Perjalanan dengan menggunakan moda transportasi laut dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau saat ini lebih mudah. Sebab tidak semua kabupaten atau kota mensyaratkan tes PCR, RT antigen, maupun Genose.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaludin, membenarkan hal itu. Namun pihaknya mengapresiasi kepada pemerintah kabupaten atau kota yang menerapkan RT Antigen.

“Semua tes tersebut berlaku, namun tidak semua kabupaten atau kota mensyaratkan ketiga hasil tes itu. Jadi seperti Kabupaten Natuna, Anambas, Karimun, Lingga yang menerapkan RT antigen sudah bagus,” ucap, Agus Jamaludin, saat dihubungi wartawan batampos.co.id, Rabu (7/5/2021).


Keberangkatan Kapal Pelni KM Bukit Raya di Pelabuhan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Faidillah/batampos.co.id)

Lanjut dia lagi mengatakan, untuk perjalanan orang dalam negeri khusus transportasi laut dari Kepri selama pandemi Covid-19 ini, untuk Bintan, Batam, Tanjungpinang hingga kini belum menerapkan tes Covid-19 tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Yohan Bahtera Adam, mengungkapkan untuk pelaku perjalanan transportasi laut dari wilayah Provinsi Kepri tidak dipersyaratkan lagi.

“Sedangkan kalau menggunakan pesawat terbang dari Batam ke Letung Anambas masih menggunakan rapid antibody,” ujarnya.

Seperti diketahui, khusus untuk moda transportasi perintis, termasuk di wilayah perbatasan dan di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) juga tidak diwajibkan memenuhi syarat tes Covid-19 tersebut.

Aturan ini tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 12 Tahun 2021 terkait perjalanan orang dalam negeri yang berlaku mulai 1 April 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Meskipun hal itu tidak dipersyaratkan lagi bagi penumpang transpotasi laut, Kepala Bidang, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas, Baban Subhan berpesan agar setiap orang tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Seperti menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak, guna mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini,” ujarnya.

Kepatuhan semua pihak dalam melaksanakan protkes dan protokol pencegahan Covid-19 menjadi salah satu upaya di dalam pencegahan meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di daerah ini.

Terlebih lagi pada saat tatanan normal baru diterapkan, masyarakat diminta lebih sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan. (fai)