Sabtu, 20 April 2024

Wisatawan Domestik Bisa Berwisata di Lagoi

Berita Terkait

batampos.co.id – Wisatawan domestik atau nusantara tidak perlu risau menjelang pemberlakuan koridor perjalanan atau travel bubbel di kawasan wisata Bintan Resort Lagoi. Soalnya, pengelola kawasan tetap memanjakan wisatawan nusantara yang hendak berkunjung ke kawasan wisata Bintan Resort semasa pemberlakuan travel bubbel antara Singapura dan Bintan Resort.

GGM PT. Bintan Resort Cakrawala (BRC), Abdul Wahab menjamin wisatawan nusantara tetap dapat menikmati liburan. Menurutnya, saat travel bubble diterapkan, kawasan wisata Bintan Resorts masih berjalan normal. ”Sama seperti biasa,” katanya.

Dikatakan, penerapan protokol kesehatan akan diberlakukan sangat ketat. Bukan semata di semua hotel, resort, tempat wisata namun sarana umum bagi pengunjung maupun pekerja wisata pun diberlakukan.

Dia menuturkan, selama ini, pengelola kawasan telah memulai langkah pencegahan di segala aspek. Dimulai membentuk satuan tugas penanganan Covid-19 di dalam kawasan bekerjasama dengan Bintan Resorts Council.

Diketahui, Bintan Resorts Council merupakan wadah atau organisasi beranggotakan semua hotel dan resort yang ada di dalam kawasan Lagoi.

Dia mengatakan, diskusi dan konsultasi dengan Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemerintah Provinsi Kepri juga telah dilakukan secara reguler. Baik dalam menerapkan aturan-aturan protokol kesehatan dan aturan lainnya.

Selanjutnya, masih katanya, pihaknya telah menetapkan kerangka kerja untuk dijadikan pedoman strategi pelaksanaan atau roadmap.

”Tujuannya untuk menjadikan destinasi wisata Bintan Resorts tetap aman dan nyaman dikunjungi,” ujarnya.

Dia mengatakan, segala upaya yang dilakukan ini menjadikan Bintan Resorts sebagai kawasan wisata pertama yang mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurutnya, semua dilakukan karena pihaknya tetap komitmen agar bidang usaha perhotelan dan pariwisata tetap beroperasional sehingga terus memberikan lapangan pekerjaan kepada pekerjanya, pihak pengelola kawasan.

”Kemudian Bintan Resorts Council juga sedang mengupayakan jalan bagi terwujudnya travel bubble antara Bintan Resorts dan Singapura,” ujarnya.

Dengan kapabilitas dan kompetensi yang dimiliki dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang berkesinambungan dibantu dengan tenaga ahli konsultan dari Singapura, dia mengatakan, Bintan Resorts telah menyusun pedoman strategi pelaksanaan travel bubble antara Bintan Resorts dan Singapura.

Menurutnya, pedoman ini memuat semua aspek yang telah dilakukan selama ini, baik memperkuat struktur organisasi satgas penanganan Covid-19 Bintan Resorts sebagai penggerak aturan protokol kesehatan yang ditetapkan, melaksanakan standarisasi kompetensi dan kapabilitas, implementasi protokol kesehatan yang baik, serta audit dan pengawasan secara terus menerus.(*/jpg)

Update