Jumat, 29 Maret 2024

Jelang Lebaran Masyarakat Dapat Bansos Beras 10 Kg

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah akan berupaya menyalurkan bantuan sembako (bansos) lebih cepat dari yang sebelumnya Juni 2021 menjadi awal Mei 2021. Artinya, bantuan sembako akan cair dalam bulan suci Ramadan.

Hal tersebut juga sebagai upaya dalam mendorong konsumsi pada hari raya Lebaran tahun ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penyaluran bansos sembako akan diberikan kepada sebanyak 20 juta keluarga berupa beras seberat 10 kilogram (kg).

“Percepatan output daripada PKH (Program Keluarha Harapan), kartu sembako, dan BLT (Bantuan Langsung Tunai), dan penyaluran pencairan sembako dari Juni ke awal Mei selama dua bulan,” ujarnya secara virtual, Rabu (7/4).

Airlangga menjelaskan, hal itu berdasarkan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi sekaligus tetap melakukan penanganan pandemi Covid-19. Sehingga, hal yang terkait permintaan (demand) perlu ditingkatkan.

Selain percepatan pencairan bantuan sembako, lanjutnya, strategi yang ditempuh untuk mendorong konsumsi yaitu, pemberian tunjangan hari raya (THR). Menurutnya, sudah saatnya pihak swasta memberikan THR kepada karyawannya.

“Sudah waktunya swasta memberikan THR karena berbagai kegiatan sudah diberikan,” katanya.

Selanjutnya, pemerintah akan menggelar hari belanja nasional di mana pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir). Terkait program tersebut pemerintah menyiapkan anggaran Rp 500 miliar.

“Pemerintah juga mendorong hari belanja nasional, di H-10 dan H-5 dimana untuk hari belanja nasional melalui online ditunjukkan untuk produk nasional,” pungkasnya.(jpg)

Update