batampos.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia saat ini erada di urutan kedelapan dari 60 negara di dunia, untuk kategori negara dalam melakukan vaksinasi Covid-19. Indonesia berada di bawah Jerman, Turki, Brazil, India, Inggris dan Amerika Serikat.

“Sampai sekarang dari seluruh negara, ada sekitar hampir 60 negara yang sudah melakukan vaksinasi di dunia, Indonesia ada di ranking nomor 8,” ujar Budi dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (8/4).

Oleh sebab itu, Budi mengaku Indonesia cukup beruntung mendapatkan stok vaksin dari jauh-jauh hari. Ini karena lobi-lobi pemerintah yang dilakukan sejak awal.


“Indonesia beruntung karena kita sudah melakukan lobi yang cukup awal dan kita melakukannya dengan beberapa negara yang berbeda,” katanya.

Namun demikian, lanjut Budi, saat ini yang menjadi tantangan terbesar penyuntikan vaksin itu adalah dari vaksin Covid-19 itu sendiri. Sebab saat ini sedang ada embargo yang dilakukan negara produsen vaksin.

“Jadi diketahui bersama tantangan paling besar di vaksinasi adalah ketersediaan vaksinya itu sendiri,” ungkapnya.

Menurut Budi, ada negara-negara penghasil vaksin Covid-19 namun hanya diperuntukan bagi rakyatnya sendiri. Sehingga tidak diperuntukan bagi negara-negara lain.

“Contohnya Amerika Serikat semua vaksin yang diproduksi di Amerika Serikat hanya boleh dipakai di Amerika Seikat saja. Hal yang sama juga berlaku di Inggris,” tuturnya.

Sehingga saat ini negara penghasil vaksin Covid-19 yang melakukan ekspor ke negara-negara lain hanyalah Tiongkok dan India. Sehingga dia berharap Indonesia bisa tetap mendapatkan pasokan vaksin dari Tiongkok dan Indonesia.(jpg)