batampos.co.id – Menjelang bulan Ramadan, Anda dan keluarga pasti bersukacita dalam menyambutnya. Ada banyak hal yang mulai dipersiapkan salah satunya adalah menu sahur di minggu pertama.

Sebab di minggu pertama puasa adalah waktu penyesuaian dalam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Maka dari itu banyak ibu yang memilih untuk menyiapkan menu sahur yang praktis dan sederhana. Tentunya juga menu yang nyaman serta sehat untuk tubuh sehingga ibadah puasa seharian penuh berjalan lancar.

Rekomendasi menu sahur praktis dan enak

1. Tempe orek

Jika Anda terbiasa sahur dengan makan nasi, maka lauk tempe orek bisa menjadi andalan menu sahur yang praktis dan enak. Bahannya mudah didapat serta mudah dalam pembuatannya. Untuk bahan yang dibutuhkan yaitu tempe, gua, kecap manis, cabe merah serta daun salam.

2. Sayur orak arik

Apabila Anda ingin makan sayur untuk menu sahur maka sayur orak arik bisa menjadi solusinya. Untuk keluarga, menu yang satu ini sangat praktis dan juga enak untuk santapan sahur. Padukan berbagai sayuran seperti wortel, kubis, tauge dengan telur. Selain sehat, sayur orak arik juga mengenyangkan.

3. Tumis tahu

Menu sahur selanjutnya yang sangat mudah dibuat adalah tumis tahu. Tahu bisa dimasak dengan sayuran agar menambah kelezatannya. Anda bisa menggunakan tahu putih atau tahu sutra yang lembut lalu dipotong kecil-kecil berbentuk dadu. Jangan lupa tambahkan sayuran, serta bumbu saus tiram dan sedikit cabe.

4. Oatmeal dan sereal

Tidak suka makan nasi untuk sahur? Anda bisa memilih oatmeal dan sereal sebagai santapan nikmat dan mengenyangkan. Oatmeal terbuat dari bahan gandum yang mampu memberikan energi untuk tubuh Anda sehingga menjalankan ibadah puasa menjadi lebih lancar. Sebab terdapat kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal.

Makanan lain yang cepat dan praktis disantap adalah sereal. Sediakan stok sereal dan susu di lemari es jika tidak sempat memasak.

5. Pisang dan selai kacang

Menu sahur lainnya yang juga sehat dan mengenyangkan adalah pisang dan selai kacang. Selai kacang yang dinikmati dengan roti gandum bisa memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Apalagi jika dipadukan dengan buah pisang yang mengandung potasium dan kalium. Bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh Anda.

Nah itu tadi 5 rekomendasi menu sahur yang bisa Anda coba untuk dinikmati bersama keluarga di rumah. Agar lebih mudah dan praktis, belanja keperluan puasa di Shopee Big Ramadhan Sale.  Promo ini berlaku mulai tanggal 7 April hingga 11 Mei 2021. Yuk segera belanja berbagai keperluan puasa Anda di Shopee saja.(*)