Jumat, 29 Maret 2024

Vaksin Sinovac Terbukti Semakin Manjur

Berita Terkait

Pemkab Karimun Adakan Wirid Bulanan

Diskon Dicabut, Tiket Dumai Line Tak Ada Kenaikan

batampos.co.id – Kabar terbaru dari vaksin Sinovac asal Tiongkok membuktikan bahwa vaksin Covid-19 tersebut lebih manjur dalam melawan varian mutasi jika interval pemberian dosis 1 dan 2 diberikan setelah 3 pekan. Vaksin Covid-19 Sinovac memiliki kemanjuran 50,7 persen dan telah terbukti efektif melawan varian yang dikenal sebagai P1 dan P2 yang lazim di Brasil.

Selain itu, tingkat kemanjuran vaksin Sinovac dapat meningkat hingga 62,3 persen dengan interval lebih dari 21 hari antardosis, bukan 14 hari. Temuan itu muncul dalam laporan terbaru yang dirilis pada Minggu (11/4) oleh Butantan Institute Sao Paulo, yang menguji dan memproduksi vaksin tidak aktif Covid-19 milik Sinovac bernama CoronaVac. Laporan tersebut merilis data spesifik dan komprehensif tentang uji coba tahap akhir di Brasil. Ini adalah laporan statistik paling rinci tentang vaksin Covid-19 Tiongkok.

Khasiat utama melawan gejala Covid-19 adalah 50,7 persen. Vaksin tersebut 83,7 persen efektif dalam mencegah kasus yang membutuhkan bantuan, naik dari 78 persen dalam data yang dirilis pada Januari. Vaksin Sinovac diklaim 100 persen efektif melawan kasus sedang dan parah dalam uji klinis fase III acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo yang melibatkan 12.396 peserta.

ā€œTingkat kemanjuran yang diungkapkan dalam laporan ini sedikit lebih tinggi daripada yang dilaporkan pada awal Januari, karena pelacakan perubahan data klinis dan kriteria berbeda yang digunakan untuk menentukan kasus infeksi,ā€ klaim juru bicara Liu Peicheng dari Sinovac kepada Global Times, Senin (12/4).

Para peneliti menemukan bahwa interval yang lebih lama antara dua suntikan dapat membawa kemanjuran yang lebih tinggi, sejalan dengan pengamatan banyak peneliti medis Tiongkok yang merekomendasikan interval yang lebih lama untuk memaksimalkan tingkat antibodi kekebalan. Keenam kasus Covid-19 parah terjadi pada kelompok plasebo.

ā€œAda 67 efek samping serius yang dilaporkan oleh 64 peserta dan semuanya ditentukan tidak terkait dengan vaksinasi, termasuk dua kasus fatal,ā€ katanya.

Hasil akhir dan statistik yang relevan identik dengan hasil yang mendapat persetujuan bersyarat dari regulator obat Tiongkok pada bulan Februari. Ini adalah studi fase III paling rinci dari vaksin Covid-19 buatan Tiongkok hingga saat ini.

ā€œSecara keseluruhan menunjukkan bahwa CoronaVac memiliki profil keamanan yang baik, dan berkhasiat serta melindungi terhadap infeksi gejala,ā€ kata seorang dokter di Guangzhou, Zhuang Shilihe.

Dia mencatat bahwa keefektifannya dapat dioptimalkan lebih lanjut dengan memperpanjang interval antardosis. ā€œTetapi tidak dapat disangkal, kemanjuran vaksin mRNA (Pfizer dan Moderna) lebih tinggi, bahkan jauh lebih tinggi daripada beberapa vaksin umum di pasaran, yang telah meningkatkan ekspektasi,ā€ kata Zhuang.

ā€œTetapi itu tidak berarti bahwa vaksin dengan metode virus yang tidak aktif tidak memenuhi syarat,ā€ tegasnya.

Sinovac juga telah menyerahkan data rinci ke WHO dan regulator obat di negara atau wilayah yang menggunakan CoronaVac. Dan otoritas terkait akan meninjau angka rinci ini sebelum membuat keputusan persetujuan.

CoronaVac telah mendapat persetujuan untuk penggunaan darurat di berbagai negara, seperti Pakistan dan Panama. Beberapa media baru-baru ini menyalahkan tingkat kemanjuran CoronaVac untuk infeksi yang tinggi di Cile mengutip sebuah penelitian oleh Universitas Cile yang mengklaim keefektifan setelah suntikan pertama CoronaVac hanya tiga persen. Data resmi dan keseluruhan dari peluncuran vaksin CoronaVac akan dirilis minggu depan oleh Kementerian Kesehatan Cile sesuai laporan Global Times.(jpg)

Update