Sabtu, 20 April 2024

Ini Waktu Tidur Siang yang Tepat saat Puasa sesui Ajaran Nabi

Berita Terkait

batampos.co.id – Mayoritas umat muslim menghabiskan waktu beribadah dengan berdiam diri di masjid dan berlomba mencari kebaikan selama Ramadan. Sayangnya, sejumlah orang mungkin sengaja tidur seharian di masjid karena lemas saat berpuasa. Sehingga waktu puasanya tak terasa berat jika dilakukan dengan tidur seharian.

Imam Besar Masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat, Ustad Mahfud Mustofa mengatakan itikaf di masjid memang diperbolehkan selama berpuasa. Namun jika tujuannya untuk tidur siang, pasti dilarang.

“Itikaf dibolehkan di masjid, tapi kalau sengaja untuk numpang tidur dari dulu sudah dilarang,” tegasnya kepada JawaPos.com baru-baru ini.

Menurutnya, tidur sebagai ibadah pun ada aturannya. Di zaman Rasulullah, kata dia, tidur saat puasa hanya satu jam jelang salat Zuhur.

“Bukan sengaja tidur seharian bablas, itu mah bukan ibadah. Sengaja tidur bukan ibadah, biar puasa tak terasa. Yang betul itu hanya satu jam sebelum salat Zuhur. Dan Nabi melaksanakan itu,” katanya.

Ustadz Mustofa menegaskan jika saat puasa justru dipakai tidur berjam-jam malah makruh hukumnya. Bukannya mendapatkan pahala, justru hukumnya menjadi makruh.

“Jadinya makruh ya hukumnya. Pahala tidurnya enggak ada, puasanya juga diragukan,” jelasnya.

Ia menegaskan di zaman Nabi, salah satu perang bahkan dilakukan saat sedang berpuasa. “Justru puasa itu harus menjadi sarana berjuang. Teladani sosok Nabi justru berjuang dan berperang saat sedang berpuasa,” tegasnya.(jpg)

Update