batampos.co.id – Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang telah beroperasi tepat selama satu tahun. Rumah Sakit yang disiapkan khusus untuk pasien Covid-19 ini pertama kali beroperasi pada 12 April 2020. Selama setahun menangani para pasien Covid-19, RSKI Galang telah merawat lebih kurang 12.500 pasien. Para pasien yang dipulangkan itu karena dinyatakan sembuh.

Kepala penerangan Kogabwilhan-I kolonel Marinir Aris Mudian mengatakan, jumlah pasien RSKI ini merupakan akumulasi sejak RSKI dioperasikan menerima pasien Corona.

”Total pasien terdaftar. sebanyak 12.500 orang, dari jumlah ini sebanyak 12.192 pulang,” ujar Aris kepada Harian Batam Pos, Selasa (13/4).

Kolonel Aris merincikan dari jumlah pasien pulang, 42 orang diantaranya merupakan pasien rujuk, pasien membaik atau sembuh sebanyak 5.052 dan selesai perawatan alias suspek sebanyak 7.098 orang.

Ia menyebutkan hari, Selasa (13/4) ada penambahan 19 orang pasien covid-19 yang baru masuk untuk menjalani perawatan isolasi di RSKI Galang. Tak hanya pasien, petugas kesehatan juga mulai berganti mengakhiri mas penugasan.

Datsir salah seorang perawat di RSKI mengatakan, sejumlah perawat tergabung dalam program Nusantara Sehat melalui program Kementerian Kesehatan akan segera purna tugas dari RSKI. Hal itu menyusul berakhirnya masa penugaasan.

”Tidak ada perayaan sih bang, cuman kita makan bersama dan membuat video ucapan selamat ulang tahun RSKI,” ujar Datsir. (*/jpg)