Rabu, 24 April 2024

Waspada! Siklon Tropis Surigae Berpotensi Jadi Topan

Berita Terkait

batampos.co.id – Bibit siklon tropis 94W yang tumbuh di perairan Samudra Pasifik sebelah utara Papua dilaporkan telah berkembang menjadi siklon tropis (TC) Surigae. Dalam jangka waktu 48 jam ke depan, Surigae diprakirakan berpotensi tumbuh menjadi badai tropis kuat atau severe tropical storm (STS).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan menyebut Surigae berpotensi tumbuh lebih kuat menjadi badai topan atau typhoon (TY). Menurut Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta, Surigae saat ini bergerak pelan dengan kecepatan 11 km per jam ke arah barat–barat laut mendekati wilayah Filipina. Siklon atau badai tropis Surigae ini dinamai Japan Meteorological Agency (JMA), termasuk analisis dan pergerakannya.

”Saat ini rata-rata kecepatan angin di wilayah utara Sulawesi dan sekitarnya meningkat 8–20 knot,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kemarin (14/4).

Dwikorita menerangkan, siklon atau badai tropis ini diprakirakan berkembang menjadi badai tropis kuat (STS) dan bahkan typhoon (TY) besok (16/4). Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKGGuswanto menjelaskan, beberapa dampak tidak langsung bakal ditimbulkan siklon tropis. Salah satunya adalah peningkatan kecepatan angin, terutama di utara Sulawesi dan sekitarnya.

”Kecepatan angin ini diprakirakan terus meningkat secara bertahap hingga puncaknya pada 18 April 2021,” jelas Guswanto.

Terpisah, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengeluarkan maklumat pelayaran. Mengimbau seluruh aktivitas pelayaran untuk mewaspadai cuaca ekstrem akibat bibit siklon tropis. Tujuannya, meminimalkan terjadinya kecelakaan karena cuaca buruk dan gelombang tinggi.(jpg)

Update