batampos.co.id – Setiap negara memiliki tradisi masing-masing dalam menyambut Bulan Suci Ramadan. Di Singapura, Ramadan biasanya dirayakan secara luas dengan santapan Ramadan spesial di restoran, dan bazar Ramadan. Biasanya Ramadan adalah momen yang menyenangkan bagi Muslim dan non-Muslim untuk saling meningkatkan toleransi beragama.

Tahun ini awal Ramadan jatuh pada 13 April. Ini adalah awal dari periode puasa, doa, refleksi, dan ikatan keluarga selama sebulan ke depan.

Ramadan jatuh setiap tahun pada bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ini biasanya diamati oleh Muslim di seluruh dunia dan dianggap sebagai bulan paling suci dalam setahun. Puasa dimaksudkan untuk mengajari individu bagaimana cara mendisiplinkan tubuh dan pikiran mereka dan menahan diri dari kesenangan duniawi.

Seperti dilansir dari Asia Tatler, puasa juga mengajarkan empati bagi orang-orang yang kurang beruntung. Hal itu membuat banyak umat Islam yang beramal selama Ramadan.

Umat ​​Muslim biasanya akan memulai hari puasa mereka dengan makan tepat sebelum fajar. Ini disebut sahur. Waktu makan ini bervariasi setiap hari dan berjalan sesuai dengan waktu matahari terbenam.

Tahun ini, sebagai akibat dari pandemi Covid-19, banyak kegiatan Ramadan yang dibatasi di Singapura. Meski warga masih dapat menikmati pemandangan cahaya yang menakjubkan di sepanjang Geylang Road dan Sims Avenue antara 9 April hingga 23 Mei, sayangnya mereka tidak akan dapat berjalan-jalan di pasar yang ramai tahun ini.

Dari 9 April hingga 13 Mei, Geylang Serai akan mengadakan bazar online yang terkenal. Warga dapat memesan makanan, berpartisipasi dalam kegiatan seperti rutinitas olahraga, dan menonton pameran seni dari rumah.

Di akhir Ramadan, umat Islam merayakan Hari Raya Lebaran. Perayaan ini di Singapura dilakukan dengan berkeliling dan bersilaturahmi dengan keluarga. Lalu menikmati makanan bersama keluarga dan anggota masyarakat.

Hari itu biasanya dimulai dengan doa dan kemudian berlanjut ke kunjungan keluarga. Anggota keluarga yang lebih muda akan mencari pengampunan dari yang lebih tua. Beberapa keluarga juga dapat memilih untuk mengenakan pakaian dengan warna atau yang senada dengan keceriaan.(jpg)