batampos.co.id – Puting beliung kembali merusak beberapa rumah warga. Apes kali ini dialami keluarga Muhamad Ali, Ketua RT 03/RW 02 Tanjung Kelingking, Kelurahan Rempang Cate, Galang. Atap rumah Ali terbang dihantam angin kencang yang menyertai hujan deras, Sabtu (17/4) sekitar pukul 11.45 WIB.

Kepada Harian Batam Pos, Ali menceritakan hantaman puting beliung ini berlangsung sangat singkat. Hempasan angin kuat itu terjadi saat lingkungan sekitar tempat tinggalnya mulai diguyur hujan.

”Hujannya masih rintik-rintik tapi anginnya kencang. Cepat sekali (atap rumah terbang), dan saat kejadian kami di dalam rumah,” ujar Ali, Minggu (18/4).

Beruntung, atap yang terbang itu tak melukai keluarga ini. Itu karena, atap itu tersapu angin sehingga langsung terbang keluar. ”Atap itu terbang agak jauh, sehingga kami sekeluarga tak apa-apa. Ada anak bayi pula kami di dalam rumah,” kata Ali.

Kejadian ini membuat perangkat RT ini kebingungan, sebab rumah mereka tak beratap lagi. Ali berharap, ada bantuan dari pemerintah sebab rumahnya tergolong rusak berat.

”Orang kelurahan sudah ke sini, cuma masih menunggu laporan ke Dinsos (Dinas Sosial) dulu katanya. Kami sih berharap ada bantuan karena banyak makan biaya buat membetulkan kembali atap rumah ini,” harapnya.

Angin kencang yang terjadi Sabtu siang lalu juga mengakibatkan pohon tumbang di sejumlah titik di Batuampar. Seperti di Simpang Melcem, Batuampar, dahan pohon besar tumbang dan melintang jalan.

Bahkan, angin kencang juga menumbangkan pohon di sekitar kawasan Batumerah di dekat perusahaan offshore dan menimpa kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

Camat Batuampar, Tukijan, mengatakan, penanganan pohon tumbang yang disebabkan hujan lebat dan angin kencang di wilayah Batuampar sudah dapat teratasi.

“Sudah diselesaikan, kami menghubungi Dinas Perkimtan (Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan Batam) untuk menangani di Simpang Melcem. Begitu kita laporkan, anggotanya langsung turun dan mengeksekusi,” kata Tukijan.

Dikatakannya, sebelum pihak Disperkimtan Kota Batam tiba, anggota personel Kepolisian Sektor (Polsek) Batuampar sudah ada di lokasi kejadian guna mengatur arus lalu lintas bagi kendaraan yang akan lewat di jalan tersebut.

Sementara, sambung Tukijan, pohon tumbang yang terjadi di kawasan Batumerah, juga telah diselesaikan. “Kalau yang di pinggir jalan, sudah diselesaikan dari Disperkimtan. Yang jelas, sudah diselesaikan dan sebagian dibantu oleh pihak PT McDermott,” ujarnya. (*/jpg)