batampos.co.id – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan uang kartal sebesar Rp 1,68 triliun untuk perbankan dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya pada Ramadan dan Idulfitri 1442 tahun ini.

Termasuk di tiga kas titipan yang dikelola bank umum, yakni di Tanjungpinang, Tanjungbalai Karimun, dan Ranai, Natuna.

”Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan realisasi penarikan uang tunai sebesar Rp 1,17 triliun pada tahun sebelumnya,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kepri, Musni Hardi K Atmaja, Minggu (18/4/2021).

Musni menyebutkan, dengan mempertimbangkan pandemi Covid-19 saat ini serta aspek kesehatan di masyarakat, layanan penukaran uang pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun ini dilakukan melalui kantor bank yang tersebar di seluruh Kepri.

Untuk di tahun ini, KPw BI Kepri telah bekerja sama dengan perbankan untuk memberikan layanan penukaran di 114 titik.

”Tersebar di Kota Batam 71 titik, Tanjungpinang 27 titik, Tanjungbalai Karimun 11 titik, dan Natuna 5 titik. Masyarakat dapat peroleh layanan penukaran mulai 26 April sampai 11 Mei,” jelasnya.

Kepada perbankan, Musni meminta untuk melayani penukaran kepada nasabah atau masyarakat setiap hari kerja dengan jumlah penukar setiap harinya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing bank dalam melayani nasabah.

Selain itu, untuk menghindari potensi munculnya penukaran uang secara ilegal, besaran penukaran setiap nasabah atau masyarakat dibatasi maksimal Rp 3,8 juta. Dengan rincian pecahan Rp 20.000 sampai dengan Rp 1.000 maksimal 1 pak.

Atau pecahan Rp 20 ribu sebesar Rp 2 juta, pecahan Rp 10 ribu sebesar Rp 1 juta, pecahan Rp 5 ribu sebesar Rp 500 ribu, pecahan Rp 2 ribu sebesar Rp 200 ribu, dan pecahan seribu sebesar Rp 100 ribu.

”Untuk memastikan kebutuhan uang rupiah tersedia dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang layak edar, KPw BI Kepri melakukan koordinasi dengan perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang di mesin ATM dan mesin setor tarik,” terangnya.(jpg)