batampos.co.id – Pemerintah sudah menyediakan 1.275.387 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2021 untuk pusat dan daerah. Sebanyak 56 kementerian dan lembaga (K/L), 34 pemerintah provinsi, serta 504 pemerintah kabupaten dan kota akan mengadakan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai pembuat soal CASN 2021 pun telah menyerahkannya kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). MenPAN-RB Tjahjo Kumolo pun menyampaikan, pihaknya bersama dengan Kemendikbud akan mengawal kelancaran serta keamanan seluruh rangkaian proses yang sedang dipersiapkan dengan rasa penuh tanggung jawab ini.

“Kita bersama pasti akan berharap agar proses seleksi calon ASN Tahun Anggaran 2021 ini dapat berlangsung secara aman, kompetitif, adil, obyektif, transparan bersih dari praktik KKN (korupsi, kolusi, nepotisme) dan tidak dipungut biaya,” tegas dia dalam Serah Terima Soal Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2021 secara daring, Selasa (20/4).

Soal-soal tersebut pun akan segera diinput ke dalam sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal ini dilakukan agar proses pelaksanaan serta tidak ada kebocoran informasi soal.

“Dengan diserahkannya soal seleksi calon ASN tersebut, selanjutnya Tim Panselnas akan melakukan proses input ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi nantinya,” imbuhnya.

Tjahjo juga mengingatkan bahwa dalam proses ini diperlukan kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan dan keamanan data-datanya. Ia mengharapkan pelaksanaan seleksi ini dapat mewujudkan smart government.

“Semoga niat dan komitmen kita bersama dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya.(jpg)