batampos.co.id – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami lonjakan yang signifikan pada Rabu, (21/04/2021). Dalam satu hari terdapat 7 temuan kasus baru positif Covid-19 di daerah ini.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mencatat sudah 119 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga, Rabu (21/04/2021).

Penambahan kasus konfirmasi Covid-19 tersebut terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 5 November 2020 lalu.

Dari sejumlah kasus itu, diantaranya 104 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia, sementara 13 orang masih menjalani karantina.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Anambas, Baban Subhan, mengatakan pihaknya akan terus melaksanakan tracing penelusuran pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien serta tempat beraktifitas lainnya.

“Apabila memenuhi kriteria kontak erat maka dilanjutkan dengan pengambilan swab hidung dan tenggorokan untuk dilakukan pemeriksaan dengan metode RT PCR di RSUD Tarempa,” ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Lanjut dia lagi mengatakan seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 ini dan selalu berhati-hati karena tidak semua kasus covid-19 mengalami gangguan kesehatan atau gejala covid-19.

Adapun protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan adalah memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

Masih kata dia, kepatuhan semua pihak dalam melaksanakan protkes dan protokol pencegahan Covid-19 menjadi salah satu upaya di dalam pencegahan tingginya angka kasus positif Covid-19 di daerah ini. Terlebih lagi pada saat tatanan normal baru diterapkan, masyarakat diminta lebih sadar akan pentingnya menjaga protkes. (fai)