batampos.co.id – Selama Ramadan, asupan gizi harus terpenuhi. Maka seorang muslim dianjurkan untuk menunaikan ibadah makan sahur sebelum berpuasa. Tujuannya agar tubuh tidak lemas dan dehidrasi saat berpuasa. Lantas bagaimana jika lupa sahur atau kesiangan?

Anggota dari Dewan Penasihat Nutrisi (Nutrition Advisory Board) Herbalife Nutrition Ismet Tamer, M.D., mengatakan, jika seseorang lupa sahur maka bisa mengganggu kadar gula darah. Tak hanya dehidrasi, gula darahnya bisa drop dan lemas sepanjang hari.

“Menghindari makan saat sahur dapat menyebabkan masalah gula darah rendah yang serius dan dehidrasi keesokan harinya. Akibatnya, dapat menyebabkan pusing sepanjang hari,” katanya dalam buka puasa virtual Herbalife Nutrition Indonesia, Senin (19/4).

Lantas, apa yang sebaiknya Anda makan saat sahur agar merasa lebih berenergi sepanjang hari? Dirinya menjelaskan sarapan ringan, sehat, dan mengenyangkan adalah pilihan yang bagus.

Sebelum matahari terbit atau imsak, Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu dan sayuran segar seperti keju, telur, tomat, dan mentimun. Selain itu, selalu bisa menikmati sup, sayuran yang dimasak dengan minyak zaitun dan buah-buahan.

Kombinasi ini memenuhi kebutuhan energi harian, vitamin dan protein tubuh. Selain buah-buahan, sebaiknya makan roti gandum utuh dan pasta atau bulgur gandum yang kaya akan karbohidrat dan serat, yang baik untuk sistem pencernaan.

Buah-buahan kering, kenari dan almond juga merupakan suplemen makanan yang bagus dan bisa membuat merasa kenyang selama berjam-jam sepanjang hari. Bukan hanya variasi makanan yang dimakan, tetapi juga porsinya yang memainkan peran penting dalam nutrisi.

“Anda harus memilih porsi yang lebih kecil dan makan dengan bijak,” jelasnya.(jpg)