batampos.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang menggelar Operasi Simpatik 2021. Kegiatan ini berlangsung selama 14 hari, dari tanggal 12 hingga 25 April mendatang.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Yunita Stevani, mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait keselamatan dalam berkendara.

Termasuk, mendukung program pemerintah daam memutuskan penularan Covid-19.

”Operasi ini dalam rangka mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan,” ujar Yunita seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Ilustrasi. Petugas KKP Kelas I Kota Batam saat memeriksa surat rapid test dan swab test para penumpang yang akan berangkat dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Satlantas Polresta Barelang melakukan imbauan larangan mudik kepada masyarakat saat Lebaran mendatang. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Yunita menjelaskan, dalam kegiatan ini, pihaknya tidak melakukan razia dan tidak mengutamakan penilangan.

Pihaknya melakukan imbauan secara langsung di jalanan dan pembagian masker.

”Dalam Operasi ini, kami tidak melakukan razia, tetapi memberikan imbauan serta sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” ujar Yunita.

Selain itu, kata Yunita, dalam operasi itu, pihaknya turut
melakukan imbauan larangan mudik kepada masyarakat saat
Lebaran mendatang.

Menurut Yunita, tidak melakukan mudik selama pandemi Covid-19, berarti turut menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan orang
tua, serta keluarga di kampung halaman agar tak terpapar
wabah penyakit tersebut.

”Imbauan kita lakukan dengan humanis. Kita juga mamasang spanduk dan menempelkan stiker di fasilitas umum, agar mereka yang mau pulang mudik Lebaran mengurungkan niatnya,” tutup Yunita.(jpg)