batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan pembayaran zakat di sejumlah ritel. Adapun, ritel tersebut antara lain Pegadaian, Indomaret, Lotte Grosir, Alfamart, Alfamidi serta Dan+Dan.

“Salah satunya melalui kerja sama dengan Pegadaian, Indomaret, Lotte Grosir, Alfamart, Alfamidi serta Dan+Dan,” kata Pimpinan BAZNAS Supervisi Bidang Penghimpunan Rizaludin Kurniawan di Jakarta, Rabu (21/4).

Dengan adanya fleksibilitas ini, diharapkan masyarakat dapat menunaikan zakat ke BAZNAS sekaligus mendukung kampanye Gerakan Cinta Zakat yang digencarkan BAZNAS pada bulan Ramadan kali ini.

“BAZNAS berkomitmen melahirkan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan berzakat, infak, sedekah, dan kurban hingga sedekat mungkin menyentuh gaya hidup masyarakat,” ujarnya.

“Kami berikan kemudahan berzakat dengan layanan dari petugas kasir Pegadaian, Indomaret, Lotte Grosir, Alfamart, Alfamidi serta Dan+Dan. Diharapkan masyarakat makin banyak yang bersedekah, makin banyak juga yang terbantu,” sambungnya.

Kata dia, kemudahan ini memudahkan para muzaki (pembayar zakat) untuk membantu mustahik (penerima zakat) untuk bangkit sekaligus mendorong kampanye Gerakan Cinta Zakat di bulan Ramadhan.

“Adanya kemitraan ini, diharapkan semakin mendekatkan masyarakat untuk berzakat. Pembayaran zakat lewat kasir retail dapat dilakukan di Pegadaian, Indomaret, Lotte Grosir, Alfamart, Alfamidi serta Dan+Dan yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelas dia.

Menurutnya juga, ini akan mempermudah kinerja BAZNAS dalam upaya jemput bola zakat. Hal ini juga membuktikan bahwa dalam berzakat atau lainnya, semua dapat dilakukan di mana saja dan praktis, selain itu lebih cepat.

“Kami juga akan memastikan dana yang disalurkan akan tepat sasaran dan sampai di tangan mereka yang benar-benar membutuhkan. BAZNAS memiliki program-program yang memang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam hal ini, pelanggan hanya perlu mendatangi kasir Pegadaian, Indomaret, Lotte Grosir, Alfamart, Alfamidi atau Dan+Dan, kemudian pilih lembaga zakat BAZNAS dan jenis zakat yang akan dibayarkan, antara lain zakat fitrah, zakat maal, zakat penghasilan dan bayar fidyah.

Pelanggan lalu membayar seperti bertransaksi saat belanja. Petugas kasir akan memasukkan transaksi tersebut ke dalam sistem dan mencetak bukti pembayaran kemudian menyerahkannya kepada pelanggan.(jpg)