Jumat, 29 Maret 2024

Boleh Makan Berat 15 Menit Usai Santap Takjil

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebagian orang umumnya memilih untuk makan porsi kecil saat berbuka puasa. Ada yang harus menyantap takjil terlebih dahulu, lalu kemudian baru bisa makan makanan utama. Namun sebagian lainnya, menyantap semua menu yang ada. Sebaiknya, bagaimana makan yang bijak saat berbuka puasa?

Dalam acara buka puasa virtual Herbalife Nutrition Indonesia, Nutritionist Herbalife Nutrition Indonesia Aria Novitasari mengatakan, berbuka puasa sebaiknya dilakukan dengan makanan yang mudah dicerna adalah pilihan yang baik dan sehat. Selama Ramadan, orang cenderung makan banyak makanan dengan sangat cepat setelah berpuasa berjam-jam.

Ia menyarankan cobalah berbuka puasa dengan takjil makanan ringan seperti sup, kemudian air atau jus buah. Sehingga dapat menghidrasi tubuh setelah hari yang panjang dehidrasi.

“Dan kemudian makan hidangan utama 10 atau 15 menit kemudian. Ini akan mencegah asupan makanan yang berlebihan dengan memberi rasa kenyang, yang pada akhirnya akan membantu sistem pencernaan,” kata Aria Novitasari, Senin (19/4).

Lalu untuk hidangan utamanya seperti daging, ayam atau sayuran adalah pilihan yang baik. Menurutnya, dengan mengunyah makanan secara menyeluruh dan berjalan-jalan satu atau dua jam setelah buka puasa, dapat membantu sistem pencernaan dan kardiovaskular.

“Ramadan memang merupakan bulan suci dalam setahun dan puasa merupakan bagian penting dari bulan suci ini, tetapi seperti yang lihat, ada banyak pilihan yang tersedia untuk berpuasa dan tetap sehat serta bergizi,” katanya.

Lalu selama bulan Ramadan, kata dia, seseorang perlu menghindari aktivitas sehari-hari yang dapat membuat tubuh dehidrasi, terutama saat hari-hari musim panas. Jika bekerja dalam kondisi cuaca panas atau merupakan atlet profesional yang ingin berpuasa, gunakan suplemen makanan untuk pola makan seimbang dan sehat yang akan menunjang aktivitas harian.

“Jika ingin tetap rutin berolahraga, harus terus memenuhi kebutuhan energi, protein, dan air harian selama tidak berpuasa. Selain itu, kurangi durasi olahraga hingga 30 persen selama Ramadan,” jelasnya.(jpg)

Update