batampos.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut saat ini Indonesia telah menempati posisi ke sembilan sebagai negara yang sudah menyuntikkan vaksin Covid-19 ke semua lapisan masyarakat. Proses vaksinasi Covid-19 pun masih terus berlangsung dan dipercepat.

Hal itu terlihat dari sebanyak 17 juta dosis vaksin Covid-19 sudah disuntikkan kepada masyarakat, dengan rincian sebanyak 6,05 juta orang sudah menerima dua dosis vaksin (12,1 juta dosis) dan sebanyak 4,92 juta orang sudah menerima vaksin dosis pertama.

Menurutnya, Indonesia berada di posisi ke-9 di bawah Amerika Serikat (AS), Tiongkok, India, Inggris, Brasil, Jerman, Turki, dan Prancis.

“Indonesia masuk ranking 9 negara dari total jumlah vaksinasi terhadap seluruh penduduknya,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/4).

Selain itu, Sri Mulyani juga membahas terkait badai penularan Covid-19 di India yang mengalami peningkatan tajam sehingga distribusi vaksin AstraZeneca terhambat.

Sri Mulyani menambahkan, dengan terus bertambahnya jumlah orang yang sudah disuntik vaksin Covid-19, memberikan keyakinan pada masyarakat yang berujung peningkatan roda perekonomian.

Hal itu tercermin dari angka konsumsi yang sudah meningkat tajam pada sektor makanan dan minuman, informasi, transportasi, pakaian, perlengkapan rumah tangga, dan rekreasi.

“Ini berarti kita perlu terus meningkatkan suplai dari vaksin untuk bisa mengejar apa yang disebut herd immunity atau total jumlah yang divaksinasi,” pungkasnya.(jpg)