batampos.co.id – Pasien Covid-19 kembali melonjak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batuaji. Jumlahnya 34 orang pada Kamis (22/4). Jumlah ini kembali meningkat sebab empat hari lalu, jumlahnya sempat turun di angka 23 pasien.

Peningkatan ini karena ada beberapa pasien yang menjalani perawatan medis umum namun kemudian terdeteksi positif Covid-19.

”Ada penambahan dari pasien baik yang di IGD, poli rawat jalan ataupun inap,” ujar Wadir Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Embung Fatimah Batam, Dr drg Sri Rupiati, kemarin.

Pasien tambahan ini, jelas Sri, merupakan hasil pengecekan antigen dari pihak RSUD terhadap pasien umum lain yang berobat ke RSUD. Ada yang terdeteksi saat masih di IGD, ada juga yang terdeteksi saat menjalani pengobatan di poli klinik rawat jalan.

”Yang dari poli rawat inap, hasil tracing terhadap kelurga pasien yang menjalani rawat inap. Ada keluarga pasien rawat yang mengeluh tak enak badan terus (tes) antigen dan ternyata memang positif. Sekarang jumlahnya naik jadi 34 orang,” ujarnya.

Tambahan pasien dari hasil pengecekan antigen di IGD, poli rawat jalan ataupun inap ini, tentu mengkhawatirkan. Sebab, diprediksi penyebaran Covid-19 telah meluas di lingkungan masyarakat.

Perlu kesadaran semua pihak untuk kembali memperhatikan protokol kesehatan demi menekan ataupun memutuskan mata rantai penyebaran wabah yang menggemparkan dunia ini.

”Tak boleh lagi sepele dengan protokol kesehatan. Penambahan ini diluar yang terdeksi tim gugus. Ini yang kita test terhadap pasien ataupun keluarga pasien umum di sini. Artinya, bisa jadi sudah banyak yang terinfeksi, makanya perlu kewaspadaan kita semua,” tutur Sri. (jpg)