batampos.co.id – Saat berpuasa, tubuh menahan lapar dan haus selama 12 jam kurang lebih. Maka seseorang harus memastikan asupan gizinya terpenuhi. Jangan sampai kekurangan energi atau defisit kalori.

Dalam acara Dapur Umami dan Winning Meals Kachimeshi, dijelaskan berbagai menu buka puasa dan sahur, agar tetap sehat saat berpuasa. Salah satu menu yang ditawarkan yakni ayam popcorn dan tumis sawi jamur. Makanan ini sangat direkomendasikan karena mudah untuk dimasak dan disiapkan, enak, serta bergizi.

“Konsumsi makanan bergizi dan lezat di bulan Ramadan, di tengah pandemi Covid-19 sangat penting,” kata Public Relations Manager PT Ajinomoto Indonesia Katarina Larasati secara daring, Rabu (21/4).

Ketua Ikatan Ahli Gizi Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswary menjelaskan selama berpuasa, terutama pada pandemi ini, tubuh kita membutuhkan lebih banyak konsumsi makanan bergizi seimbang. Agar kebutuhan nutrisi kita tercukupi saat berpuasa maka makanan bergizi yang kita miliki harus enak, sehingga nafsu makan kita meningkat.

“Kelezatan itu bisa kita dapatkan dengan menambahkan bumbu umami misalnya,” ungkap Mury.

Mury menambahkan, cara termudah untuk menjaga kebugaran tubuh selama Ramadan, terutama di masa pandemi ini, adalah dengan menjaga pola makan dengan baik dan rutin berolahraga, yang akan mengurangi tingkat stres, dan jangan lupa tingkatkan ibadah. Dia juga mengingatkan agar berhati-hati terjadi defisit kalori pada tubuh.

“Selama puasa, terjadi defisit kalori yang membuat hormon tubuh berubah, yaitu penurunan insulin dan peningkatan hormon glukagon, yang memaksa tubuh menggunakan lemak sebagai sumber energi saat kita beraktivitas,” ujar Mury.

Selain itu, ada pula beberapa tips saat menjalani puasa adalah rutin berolahraga, namun kita harus memperhatikan jenis dan waktu olahraganya. Olahraga 3-5 kali atau minggu dengan intensitas sedang-tinggi, lalu gabungkan cardio dan olah raga beban ringan. Jadikan 20-60 menit setiap kali akan ideal.

“Olahraga dan asupan gizi yang mencukupi akan membuat tubuh lebih bugar saat puasa di tengah pandemi,” tutupnya.(jpg)