batampos.co.id – Publik figur Zaskia Adya Mecca menjadi sorotan setelah beberapa waktu lalu mengkritik cara membangunkan sahur menggunakan toa masjid di area rumahnya. Ia menilai cara membangunkan sahur tersebut mengganggu warga lainnya.

Hal ini pun mendapat pro dan kontra dari para netizen. Memang benar bahwa bulan suci Ramadan di Indonesia akrab dengan berbagai tradisi khas. Salah satunya, tradisi membangunkan warga dengan cara-cara yang unik saat waktu sahur tiba.

Mengenai hal itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kementerian Agama (Kemenag) M Agus Salim mengatakan membangunkan sahur harus disampaikan dengan cara-cara yang santun, baik, dan sopan, agar keutamaan dan keberkahan tetap terjaga.

“Membangunkan sahur itu adalah perbuatan baik, tapi juga perlu dilakukan dengan cara yang santun dan baik untuk menambah kualitas kebaikan itu sendiri,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/4).

Karenanya, saat membangunkan sahur, perlu juga memperhatikan hak kepentingan pribadi orang lain. Jangan sampai mengganggu hak-hak orang lain. Misalnya orang yang sedang sakit, punya bayi atau anak kecil, atau pun warga non muslim.

Dengan cara yang santun, ini sejalan dengan semangat moderasi beragama yang selalu didengungkan Kemenag. “Bahkan dalam diskursus moderasi agama tentu saja tidak hanya milik tradisi Islam, tapi juga untuk agama lainnya,” tutur Agus.

“Dengan kemajemukan dan multikultur masyarakat Indonesia, maka pentingnya implementasi moderasi beragama di tengah kemajemukan masyarakat untuk merawat harmoni antar agama dan tradisi kebudayaan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam unggahan video di akun Instagramnya @zaskiaadyamecca, ia melempar protes atas tindakan tersebut dan mempertanyakan apa seperti itu cara membangunkan orang untuk sahur.

“Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam. Apa iya dengan begini jadi tidak mengganggu yang lain tidak menjalankan Sahur?!” tulis dia.

“Beneran bingung ini masjid dekat rumah. Pas ku agak kaget-kaget denger di hari pertama, lingkungan pada bilang ‘lagi hits bangunin model gitu’. Aku yang asing atau situasi yang semakin asing ya. Buatku kok nggak lucu, nggak etis, nggak menghargai orang lain,” sambungnya.

Sebagai tambahan, berikut cara membangunkan sahur dalam video yang dibagikan Zaskia:

Bapak-bapak, ibu-ibu, adik-adik warga RT04/RW09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa. Waktunya sahurrrrya, sahurrrrya, sahurrrrrya! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Bangun, bangun, bangun!. (jpg)