batampos.co.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kembali mengawal kedatangan vaksin multilateral dari COVAX Facility tadi malam (26/4). Pada batch kedua itu, Indonesia menerima vaksin AstraZeneca (AZ) sebanyak 3.852.000 dosis.

Dengan demikian, Indonesia telah menerima vaksin AstraZeneca dari COVAX Facility sebanyak 4.965.600 dosis vaksin jadi secara gratis.

”Jika kita gabungkan vaksin dari jalur multilateral dan jalur bilateral, sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 67.465.600 dosis,” ujarnya.

Di bagian lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah tengah fokus mencegah masuknya varian baru virus korona. Salah satu caranya, mewaspadai kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) menjelang Lebaran 2021.

Jumlah mereka cukup besar. Pada Minggu (25/4) saja, di Bandara Juanda Surabaya, terdapat 500 PMI yang pulang ke tanah air.

Kepulangan PMI, menurut dia, memang tidak bisa ditolak. Apalagi, ada sejumlah PMI yang telah habis masa kontraknya. ”Ini harus diwaspadai betul. Pemerintah sedang fokus betul-betul mencegah masuknya varian baru,” ujarnya.(jpg)