Jumat, 19 April 2024

Dilantik, Nadiem Makarim jadi Mendikbud Ristek dan Bahlil Sebagai Menteri Investasi

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah menteri di Istana Negara pada Rabu (28/4). Mereka yang dilantik yakni Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek). Kemudian ada nama Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi, dan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 72P tahun 2021 tentang pembentukan dan pengubahan kementerian serta pengangkatan beberapa menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

“Mengangkat sebagai menteri negara kabinet Indonesia maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 masing-masing satu: Saudara Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal. Dua, sauadara Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi. Dietapkan di Jakarta 24 April 2021,” bunyi Keppres yang dibacakan, Rabu (28/4).

Selain itu, Keputusan Presiden RI nomor 19 tahun 2021 tentang pengangkatan Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN menggantikan Bambang Brodjonegoro yang memilih mundur.

“Mengangkat saudara Laksono Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional terhitung sejak saat pelantikan dan kepada yang bersangkutan diberikan hak keuangan, administrasi dan fasilitas lain sesuai peraturan perundang-undangan. Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 28 April 2021,” bunyi kempres tersebut.

Adapun, Bahlil Lahadalia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Nama kedua yang juga akan dilantik adalah Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Sebelumnya, Nadiem memang telah menjabat sebagai Mendikbud. Tetapi dengan adanya nomenklatur baru, cakupan kerja Nadiem Makarim diperluas.

Selain itu, Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Sebelum akan dilantik Laksana Tri Handoko menjabat sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).(jpg)

Update