batampos.co.id – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam, Zulkarnain Umar, mengimbau umat muslim untuk segera membayar zakat fitrah. Pembayaran zakat disarankan dilakukan melalui lembaga-lembaga resmi yang sudah ada.

Termasuk, masjid-masjid yang terdekat dengan lingkungan
tempat tinggal.

”Membayar zakat fitrah itu sudah bisa dibayarkan ketika
memasuki bulan puasa,” ujar Zulkarnain di Sekupang, Selasa (27/4/2021) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Kemenag Kota Batam juga mengingatkan umat Islam yang membayar zakat agar tidak mepet menjelang Lebaran.

Ilustrasi. Sejumlah warga saat melakukan pemabayaran zakat di Masjid Agung Batamceter beberapa waktu lalu. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Misalnya, baru membayar ketika malam takbir atau bahkan pagi hari sebelum pelaksanaan salat Idulfitri.

”Kita minta untuk membayar di awal, bukan di akhir, sehingga petugas dan pengurus masjid bisa dengan segera mendistribusikan kepada penerima zakat,” tambah Zulkarnain.

Menurutnya, banyak umat Islam memilih membayar zakat fitrah di akhir Ramadan atau mepet sebelum Lebaran.

Hal ini diyakini ubtuk mengajar keutamaan. Padahal, pembayaran zakat seperti itu menyusahkan petugas amil zakat di masjid atau musala.

”Akibatnya, waktu penyaluran menjadi sangat sedikit. Untuk itu, kita mengimbau agar pembayaran zakat fitrah itu dilaksanakan di awal Ramadan,” bebernya.

Zulkarnain juga menegaskan, pendistribusian zakat fitrah saat ini juga tidak lagi mengumpulkan masa dalam jumlah banyak.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Batam.

Petugas diminta untuk mengantar zakat ini langsung ke rumah penerima zakat.

”Jadi selama pandemi ini pendistribusiannya tidak lagi mengumpulkan masa. Kita minta antar langsung ke rumah-rumah saudara kita penerima zakat,” pungkas Zulkarnain.(jpg)