batampos.co.id – PT. Pelindo I Cabang Tanjungpinang saat ini masih mempersiapkan penyediaan alat tes GeNose di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang sesuai permintaan Gubernur Provinsi Kepri.

”Kemarin sudah ada pembahasan secara lisan antara Pak Gubernur dengan Pimpinan Pelindo, sekarang belum ada arahan, tapi pada prinsipnya kita siap,”kata Humas PT. Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Yogi Silalahi, Rabu (28/4).

Yogi mengaku masih menunggu arahan dari pimpinan untuk teknis pelaksanaan di Pelabuhan SBP Tanjungpinang termasuk target pelaksanaannya.

”Intinya untuk arahan Pak Gubernur itu Pelindo siap untuk memfasilitasi, tinggal menunggu rapat pembahasan di internal saja terkait teknis dan waktunya,” ujarnya.

Yogi menyebutkan kemungkinan nantinya penggunaan alat tes GeNose untuk perjalanan di atas 4 Jam seperti Anambas dan Natuna sedangkan ke Batam tidak dimungkinkan karena lalu lintas penumpang setiap hari sangat ramai dikhawatirkan malah menimbulkan kerumunan.

”Ke Batam itu satu hari bisa lebih 1.000 orang, kalau kita pakai GeNose takutnya jadi lama karena untuk tesnya bisa 25 menit. Penumpang banyak malah jadi kerumunan nantinya,” sebut Yogi.

Tidak hanya itu jika ke Batam juga diterapkan, kata Yogi dikhawatirkan penumpang banyak yang menolak karena perjalanan hanya satu jam.

”Kalau ke Batam diberlakukan GeNose takutnya banyak yang menolak karena sudah jadi kebutuhan sehari-hari,” tambahnya. (*/jpg)