batampos.co.id – Imbauan pemerintah agar masyarakat kembali perhatikan penerapan protkes dan pola hidup sehat sangat beralasan. Pasalnya, penyebaran Covid-19 kembali meningkat belakangan ini.

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam ada peningkatan yang cukup drastis dengan sampel pemeriksaan Covid-19 selama dua hari menjelang akhir pekan, kemarin. Jumlahnya di atas 1.500 sampel. Jumlah sampel terbanyak masuk pada Kamis (29/4) sebanyak 924 sampel dan Jumat (30/4) sebanyak 630 sampel.

”Memang agak banyak dua hari terakhir ini dan yang terkonfirmasi positif juga cukup banyak. Sekitar 20 persen dari total yang masuk per hari,” kata Kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa, kemarin.

Membeludaknya sampel pemeriksaan Covid-19 ini, sebut Budi, karena ada peningkatan jumlah PMI yang menjalani proses karantina di rusunawa milik Pemko dan BP Batam. Dari 20 persen kasus yang terkonfirmasi positif ini sebagian besar dari rombongan PMI.

”Banyak yang dari PMI. Hari ini (kemarin, red) saja dari seratusan sampel yang kita periksa 36 orang dinyatakan positif,” kata Budi.

Seperti imbauan pemerintah, untuk menekan angka penyebaran Covid-19 ini, Budi minta masyarakat kembali memperhatikan protkes, serta menjaga kesehatan dan imunitas tubuh. (*/jpg)