Jumat, 29 Maret 2024

BI Kepri Buka Penukaran Uang untuk Lebaran di 71 Lokasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Lebaran semakin dekat. Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri pun mulai membuka jasa penukaran uang kartal Rupiah. Untuk menjangkau seluruh Kepri, BI Kepri dengan mitra perbankan membuka layanan penukaran di 114 titik penukaran.

”Di Batam ada 71 titik, Tanjungpinang ada 27 titik, Tanjungbalai Karimun ada 11 titik, dan Natuna di 5 titik. Masyarakat dapat menukarkan uangnya hingga 11 Mei mendatang,” kata Kepala BI Perwakilan Kepri, Musni Hardi, Senin (3/5).

Perbankan setempat diminta untuk membantu melayani penukaran kepada nasabah. Adapun besaran penukaran uang per orang dibatasi maksimal Rp 3,8 juta dengan rincian pecahan Rp 20 ribu sampai dengan Rp 1.000 maksimal 1 pak.

”Pecahan uang yang dilayani mulai Rp 20 ribu= Rp 2 juta, Rp 10 ribu= Rp 1 juta, Rp 5 ribu= Rp 500 ribu, Rp 2 ribu= Rp 200 ribu, dan Rp 1.000= Rp 100 ribu,” sebutnya.

Untuk tahun ini, BI Perwakilan Kepri menyediakan uang tunai sebesar Rp 1,68 triliun untuk memenuhi kebutuhan perbankan dan masyarakat di Kepri. ”Jumlah tersebut meningkat dari realisasi penarikan uang tunai sebesar Rp 1,17 triliun pada tahun sebelumnya,” paparnya.

Musni juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu di periode Ramadan hingga Lebaran mendatang. Ia menegaskan, untuk mencegah peredaraan uang palsu (upal) yang diduga sering terjadi di momen hari besar, masyarakat harus waspada.

Untuk itu, pihaknya mengingatkan masyarakat untuk mengenali keaslian uang Rupiah sehingga bisa membedakan uang asli dan palsu. ”Mulai dengan 3D, dilihat, diraba, dan diterawang. Dengan langkah ini, peredaran uang palsu dapat dicegah,” jelasnya.

Selain 3D, juga ada 5J, yakni uang jangan dicoret, jangan distaples, jangan diremas, jangan dilipat, dan jangan dibasahi. Untuk mencegah adanya peredaran upal, Bank Indonesia mengingatkan warga untuk menukarkan uang ke bank. (*/jpg)

Update