batampos.co.id – RS KPJ Johor Specialist Hospital sudah diperbolehkan menerima pasien internasional, dengan prosedur operasi standar (SOP) yang telah disetujui oleh pemerintah terkait perawatan kesehatan di Malaysia.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah, pasien harus mendapat persetujuan dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) juga menyampaikan sejumlah prosedur operasi standar (SOP) yang telah disetujui oleh pemerintah terkait perawatan kesehatan di Malaysia,’’ kata Chief Executive Officer (CEO) RS KPJ Johor Specialist Hospital, Mohd Azhar Abdullah.

Kata dia, keselamatan dan kesehatan pasien serta pengunjung merupakan prioritas utama RS KPJ Johor Specialist Hospital, terutama saat melakukan perawatan kesehatan di Malaysia.

“Kami yakin dan percaya bahwa, inisiatif ini memungkinkan wisatawan kesehatan untuk kembali mendapatkan akses pelayanan kesehatan di negara di mana Covid-19 ditangani dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pasien yang akan menjalani perawatan kesehatan di Malaysia, salah satunya yakni wajib mematuhi peraturan imigrasi yang difasilitasi oleh MHTC.

Salah seorang wartawan di Kota Batam, Novianto, mengajukan pertanyaan kepada Chief Executive Officer (CEO) RS KPJ Johor Specialist Hospital, Mohd Azhar Abdullah saat melakukan konferensi pers melalui aplikasi zoom. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Berikut beberapa syarat untuk menjalani perawatan kesehatan di Malaysia:

1. Pasien wajib mematuhi peraturan imigrasi yang difasilitasi oleh      MHTC.

2. Pasien harus menjalani isolasi selama 7 hari di rumah sakit          anggota MHTC sesuai dengan protokol isolasi yang berlaku di        setiap rumah sakit tersebut.

3. Pasien harus melakukan PCR sebelum berangkat dan setelah        berada di Johor, serta beberapa persyaratan lainnya.

4. Pasien harus mengirimkan report medical ke rumah sakit Johor.

“Dengan dibukanya akses perawatan kesehatan bagi pasien luar negeri yang membutuhkan perawatan secara intensif, pasien Internasional khususnya dari Batam, Tanjungpinang, Karimun dan sekitarnya, dapat menghubungi perwakilan resmi RS KPJ Johor Specialist Hospital yang ada di Batam,” jelasnya.

Perwakilan RS KPJ Johor Spesialist Hospital di Batam, Andra S Kelana, mengatakan, pasien-pasien yang akan mendapat perawatan medis adalah pasien emergency, jantung, kanker dan pasien dengan operasi besar lainnya.

Ia menjelaskan, untuk dapat berangkat berobat ke RS KPJ Johor Spesialist Hospital, pasien harus mengikuti persyaratan dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) dan mendapat persetujuan dari MHTC.

“Sebelum berangkat, pasien harus mengirimkan report medical ke rumah sakit Johor. Setelah mendapat persetujuan dokter, maka pasien mengajukan persyaratan protokol kesehatan ke MHTC, melakukan PCR di Batam dan Johor. Kalau izin sudah keluar, baru boleh berangkat,’’ tuturnya.

Namun, sebelum berangkat pasien harus menyewa kapal feri dari Batam ke Johor dengan maksimal pasien dalam satu kapal adalah tiga orang, ditambah tiga orang pendamping.

Untuk mengetahui lebih jelas calon pasien dapat menghubungi perwakilan RS KPJ Johor Spesialist Hospital di nomor 08127750800.(esa)