Rabu, 24 April 2024

Ini Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah dan Syaratnya

Berita Terkait

batampos.co.id – Menunaikan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang mampu di bulan Ramadhan. Jika mampu secara finansial, namun sengaja menimbun hartanya, maka akan ada balasan dari Allah sesuai firman dalam surat At-Taubah ayat 34:

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak, dan tidak menafkahkannya di jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih.”

Melansir dari Dompet Dhuafa, pengertian zakat fitrah merupakan bagian dari rukun Islam yang keempat, Zakat bertujuan untuk menyucikan jiwa, membersihkan harta, dan melengkapi ibadah puasa Ramadhan. Ketentuan kadar zakat fitrah dijelaskan dalam hadis riwayat Muslim yang menyebutkan bahwa umat muslim mampu wajib membayar zakat fitrah sebesar 1 sha kurma atau 1 sha gandum.

“Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan atas orang-orang sebesar 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, wajib atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, dari kaum muslimin.”

Berdasarkan praktiknya di Indonesia, setiap balita hingga orang dewasa wajib zakat fitrah sebesar 3,5 liter atau 2,5 kilogram beras. Jika diganti uang, maka wajib bayar sesuai harga 2,5 kg beras per individu tanggungan.

Waktu Terbaik dan Terburuk Bayar Zakat Fitrah

Hukum zakat fitrah adalah fardhu atau wajib bagi seorang muslim yang mampu untuk berbagi kepada 8 golongan penerima zakat yang telah ditetapkan berdasarkan syariat Islam. Bahkan, jika sudah memiliki anak, maka keturunannya juga wajib ditunaikan zakat fitrahnya. Niat zakat fitrah pun berbeda untuk setiap subjek yang melaksanakannya.

Zakat fitrah dilakukan selama bulan Ramadan. Hadis riwayat Tirmidzi menyebutkan bahwa zakat fitrah sebaiknya dilaksanakan sebelum salat Idul Fitri. Meskipun demikian, lebih baik tidak mepet hari raya agar kewajiban segera terpenuhi. Jika terlewat, maka hukumnya menjadi haram. Berikut waktu-waktu terbaik yang dikutip dari Dompet Dhuafa:

1. Waktu harus: dari awal bulan Ramadan hingga akhir bulan Ramadan.
2. Waktu wajib: setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadan.
3. Waktu afdhol: setelah melaksanakan salat subuh pada hari akhir Ramadan hingga sebelum mengerjakan salat Idul Fitri.
4. Waktu makruh: setelah melaksanakan salat Idul Fitri hingga sebelum matahari terbenam pada 1 Syawal.
5. Waktu haram: setelah matahari terbenam pada hari raya Idul Fitri.

Syarat Wajib Berzakat

Berikut syarat wajib zakat fitrah agar ibadah Ramadhan semakin benar dan sempurna, sehingga rezeki yang disalurkan untuk para penerima zakat menjadi berkah:

1. Beragama Islam: syarat wajib pertama yaitu muzakki atau pembayar zakat harus beragama Islam.
2. Merdeka: Muzakki sedang dalam keadaan merdeka yang artinya bebas dari penjajahan, tidak menjadi budak, dan mampu secara finansial serta mental.
3. Menemui dua waktu: zakat fitrah dilaksanakan saat menemui dua waktu, yaitu antara bulan Ramadhan dan 1 Syawal sesaat.
4. Memiliki harta yang cukup: seorang muslim yang wajib membayar zakat fitrah harus memiliki harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk dirinya sendiri maupun orang di bawah tanggungannya.

Selain syarat wajib zakat, ada pula kelompok yang tidak wajib menunaikan zakat fitrah, yaitu:

1. Orang yang meninggal sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan.
2. Anak yang lahir setelah terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan.
3. Mualaf yang baru memeluk agama Islam, setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadhan.
4. Tanggungan istri yang baru dinikahi setelah selepas matahari terbenam pada akhir Ramadhan.

Itulah penjabaran lengkap mengenai pengertian, waktu terbaik dan terburuk serta syarat wajib zakat fitrah yang harus umat Islam ketahui. Lebaran tahun ini memang masih berada di situasi pandemi, namun bukan berarti kewajiban berzakat jadi terlewat.

Pembayaran zakat fitrah secara online di Zakat.or.id menjadi solusi untuk mengurangi kekhawatiran terpapar virus Covid-19. Islam memperbolehkan penggunaan teknologi dalam berzakat untuk kemudahan di masa pandemi ini. Niatkan dari dalam hati, lalu penuhi kewajibanmu untuk membantu mereka yang membutuhkan dengan berzakat di Portal Donasi Dompet Dhuafa, mudah dan amanah.(jpg)

Update