batampos.co.id – Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur, mengatakan, akan menindak tegas tempat hiburan malam (THM) yang beroperasi selama Lebaran nanti.

Hal ini sesuai Surat Edaran Nomor: SE/175/IV/2021,SE/1/IV/PAM.4.1./2021 dan Surat edaran Nomor: 15/SE/DISBUDPAR-SOW/IV/2021 tentang Waktu Penyelenggaran dan Jasa Usaha Kepariwisataan di Bulan Suci Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 H.

”Penutupan itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kami akan menindak tegas jika kedapatan ada pihak yang melanggar edaran ini,” ujar Yos, Senin (3/5/2021), seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Yos menjelaskan, berdasarkan surat edaran tersebut, tempat hiburan malam yang disebutkan yakni area permainan mekanik, manual, elektronik, diskotek, karaoke, pub, bar, musik hidup, klub malam, panti pijat, spa, termasuk fasilitas hotel.

Tim terpadu saat melakukan patroli ke beberapa THM yang ada di Kota Batam. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

”Kami bersama Tim Terpadu pengawasan akan melakukan pemantauan, pengendalian dan penindakan terhadap ketentuan ini. Setiap pelanggaran atas ketentuan tersebut akan diberi sanksi
teguran, pembekuan izin usaha sampai dengan penutupan
tempat usaha sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Yos menambahkan, seluruh THM ini diwajibkan tutup pada 3 hari akhir dan setelah Ramadan. Yakni, pada H-1 Idulfitri 1442 H, Hari H Idulfitri (1 syawal 1442 H), dan H+1 Idulfitri (2 syawal 1442
H).

Selain pada malam ketentuan tersebut, kata Yos, lokasi THM diizinkan beroperasi dengan memenuhi ketentuan dengan tetap menjaga keamanan, ketenteraman, dan ketertiban di lokasi tem-
pat usaha.

”Serta jasa usaha pariwisata diwajibkan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi usaha sebagai pencegahan peningkatan penularan Covid-19,” jelasnya.

Yos berharap, para pemilik tempat hiburan malam bisa mengindahkan surat edaran yang sudah disebarkan jauh hari itu.

Sehingga, Batam tetap kondusif dan perayaan Idulfitri berlangsung aman.

”Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak terprovokasi dan ikut berpartisipasi dalam menjaga dan menciptakan situasi yang aman dan nyaman,” tutupnya.(jpg)