batampos.co.id – Menjelang lebaran tim terpadu Kota Batam melakukan pengawasan ke pusat-pusat keramaian untuk mengingatkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Pak Wali (Muhammad Rudi,red) sudah memutuskan kebijakan terkait ini. Harus kita dukung semua demi menekan angka penyebaran Covid-19,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, saat Safari Ramadan di Sagulung, Selasa (4/5/2021) malam.

Ia mengatakan, pusat-pusat keramaian yang menjadi fokus pengawasan adalah pasar, mal, hingga tempat ibadah.

Ia mengaku, Pemko Batam sudah menyiapkan tim yang akan disebar ke masing-masing tempat.

“Pengetatan kedisiplinan protokol kesehatan ini demi menjaga kita semua. Pemerintah tidak akan menyengsarakan rakyatnya, untuk itu mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, memberikan imbauan dan arahan kepada para pengunjung dan pengelola kafe untuk tetap menerapkan protokol kesehatan beberapa waktu lalu. Foto: Pemko Batam untuk batampos.co.id

Kata dia, akhir-akhir ini, kasus Covid-19 di Batam terus melonjak. Karena itu pihaknya mengajak masyarakat utnuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Terapkan 5M; memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” katanya.

Di kesempatan itu, Amsakar juga menyosialisasikan surat edaran yang diteken Wali Kota Batam terkait salat Idul Fitri yang hanya boleh dilakukan di lapangan terbuka.

Hal itu juga sesuai dengan surat edaran Menteri Keagamaan (Menag) RI.

“Tidak hanya kegiatan keagamaan saja kita atur, tapi secara keseluruhan dilakukan pengetatan kedisiplinan protokol kesehatan dan petugas akan terus berpatroli melakukan penindakan,” tegasnya.

Sementara itu personel gabungan Camat, Kapolsek dan jajarannya, Kasi Trantib, Lurah dan ASN Kecamatan Sei Beduk, Satpol PP, serta Babinsa diturunkan dalam operasi penegakan Protkes di wilayah tersebut.

Adapun lokasi yang didatangi tim antara lain Bazar Ramadan depan masjid Nur Hidayah Perumahan Bida Ayu serta Bazar Ramadhan dan pasar kaget Puri Agung.

“Wabah Covid-19 ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Jadi saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bahu membahu bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran Covid-19,” imbau Camat Seibeduk, Ghufron melalui pengeras suara.

Ia meminta seluruh masyarakat untuk menjalankan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak minimal 1,5 m, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

“Sehingga penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan diminimalisir,” sambungnya.

Ia menjelaskan, penggunaan masker sangat penting bagi masyarakat untuk mencegah dari terpapar Covid-19.

Untuk itu ia mengingatkan kembali masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Apalagi saat ini Kecamatan Sei Beduk berada di zona merah karena meningkatnya angka kasus Covid-19.

“Selain memberikan imbauan dan teguran, kita juga membagikan masker gratis kepada masyarakat yang belum memakai masker, dan mengajak masyarakat untuk dapat mengikuti seluruh kebijakan pemerintah dalam memerangi penyebaran virus corona,” tuturnya.(*/esa)