batampos.co.id – Wali Kota Batam Muhammad Rudi tetap memperbolehkan menggelar salat Idulfitri berjamaah. Pelaksanaan diutamakan digelar di lapangan. Seluruh panitia masjid diminta mencari lapangan yang bisa digunakan untuk salat Id.

”Sementara itu dulu solusinya. Nanti kalau ada kendala kita carikan lagi solusinya. Yang penting kenyamanan umat terjamin, jangan sampai ada kegiatan yang membahayakan umat,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam, Zulkarnain Umar, mengatakan, sejauh ini untuk rumah ibadah masih berpedoman pada protkes. Pelaksanaan ibadah juga masih sesuai dengan aturan yang sudah dikeluarkan.

”Kalau untuk masker semua pakai. Untuk jarak memang kemarin ada laporan yang tidak menerapkan jarak, tapi kami sudah ingatkan kembali melalui pengurus masjid,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan ibadah salat Idulfitri diimbau untuk digelar di lapangan. Hingga kini pihaknya melalui petugas yang ada di KUA masing-masing kecamatan masih mendata lokasi dan titik pelaksanaan salat Idulfitri.

”Tiap tahun titik salat mencapai 600 lebih. Kalau tahun ini belum tahu karena kami fokuskan salat di lapangan,” ujarnya.(*/jpg)