Kamis, 28 Maret 2024

Hilal di Bawah Ufuk, Lebaran 13 Mei

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bakal menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal atau Lebaran pada 11 Mei. Sebab banyak masyarakat menganggap Lebaran jatuh pada 12 Mei.

Namun, perlu diketahui tidak selalu ketika sidang isbat dilaksanakan pada 11 Mei, maka besoknya pasti Lebaran. Sebab perlu melihat apakah hilal berhasil diamati pada saat sidang isbat tersebut. Jika pada 11 Mei hilal tidak terlihat, maka Lebaran jatuh pada 13 Mei.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, sudah membuat kajian soal 1 Syawal 1442 H. Dia menuturkan pada saat dilakukan sidang isbat 11 Mei nanti, hilal masih di bawah ufuk. ā€(Posisi hilal, red) sekitar minus lima derajat,ā€ katanya, Jumat (7/5).

Dia mengatakan, karena posisi hilal masih minus atau di bawah, maka hilal tidak akan tampak. Maka dia mengatakan dengan posisi hilal yang masih minus tersebut, maka tidak akan bisa dirukyat. Sehingga jumlah hari bulan Ramadan tahun ini bakal digenapkan atau disempurnakan menjadi tiga puluh hari.

Meskipun begitu Thomas menuturkan umat Islam sebaiknya menunggu keputusan resmi dari pemerintah. Yaitu menunggu hasil sidang isbat yang digelar oleh Kemenag 11 Mei mendatang. Namun, hampir bisa diprediksi tahun ini Lebaran bakal kompak.

Sebelumnya, PP Muhammadiyah sudah menetapkan lebaran pada 13 Mei. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan, sidang isbat bakal digelar sesuai protokol kesehatan. ā€Undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas,ā€ katanya.

Selain itu, Kamaruddin mengatakan bahwa panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (Zoom Meeting). Akses Zoom Meeting baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas. Kamaruddin juga belum bisa memastikan hasil sidang isbat penetapan 1 Syawal 1442 H. (jpg)

Update