Kamis, 18 April 2024

Hasut Warga Terobos Penyekatan Mudik, Pria Bersorban Ditangkap

Berita Terkait

batampos.co.id – Viral sebuah video provokatif dari seorang pria bersorban putih mengajak masyarakat Indonesia agar berbondong-bondong melakukan mudik. Hasutan pria tersebut mengajak warga untuk menentang kebijakan pemerintah yang dianggap tidak berpihak kepada umat islam.

Video ini kemudian terjaring virtual police milik Polri. Hasil penyelidikan, pelaku diketahui berinisial WHD asal Desa Lampaya, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Polisi akhirnya menangkap pelaku pada Minggu (9/5).

“Benar, telah kami amankan seorang terduga pelaku berinisial WHD, yang merupakan pemilik video provokatif,” kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy dalam keterangan tertulis, Senin (10/5).

Winardy menjelaskan, video provokatif WHD sempat diviralkan oleh akun Instagram @cetul.22 dan akun Facebook Zakarya Alhanafi pada 08 Mei 2021. Dalam video terlihat jika WHD meminta warga kompak menerobos pos penyekatan mudik agar bisa pulang ke kampung halaman.

“Setelah kami telusuri, ternyata pria bersorban tersebut adalah WHD dan langsung kami amankan,” imbuhnya.

Pelaku beserta barang bukti saat ini sudah ditahan di Polda Aceh guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dia disangkakan Pasal 28 Ayat (2) Jo Pasal 45a Ayat (2) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Berikut kalimat provokatif yang dibuat WHD dalam video pendek yang viral:

Kepada saudara-saudaraku semua yang sedang mudik di mana pun antum berada, terus mudik. Harus bersama-sama, ramaikan di tempat penyekatan-penyekatan, lawan, terobos mereka, pulang, jumpai orang tua, jumpai ibumu, jumpai ayahmu, jumpai anakmu, jumpai sanak saudaramu. Minta keampunan dari Allah SWT, minta kerelaan, minta keridhoan kedua orang tua. Jangan pernah takut dengan rezim setan iblis yang sudah dikuasai komunis. Mereka bekerja untuk komunis.

Jaga persatuan, pupuk persatuan, lawan rezim yang zalim ini. Terobos di mana semua tempat-tempat penyekatan, perbatasan-perbatasan. Indonesia milik kita, merdeka Indonesia dengan kalimat takbir. Allahuakbar. Kita sudah sangat toleransi, tetapi mereka tidak toleransi dengan kita, Islam. Mereka ingin membungkam Islam, ingin membunuh orang Islam, ingin menghilangkan agama Islam. Sebelum terlambat, bangkit, berjuang! Takbir, Allahuakbar.

Update