Kamis, 25 April 2024

Pemuda Tewas Usai Vaksinasi AstraZeneca, Ini Penjelasan Kemenkes

Berita Terkait

batampos.co.id – Seorang pemuda 22 tahun asal Buaran, Jakarta, meninggal dunia satu hari usai divaksinasi Covid-19. Pemuda tersebut bernama Trio Fauqi Virdaus. Almarhum meninggal pada Kamis (6/5).

Almarhum disuntik vaksin AstraZeneca pada satu hari sebelumnya. Mulanya, almarhum merasa demam panas setelah mendapatkan suntikan vaksin. Kondisinya melemah dan masih mengalami demam pada hari Kamis (6/5). Almarhum dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal sekitar pukul 12.30 WIB.

“Kementerian Kesehatan turut berduka atas meninggalnya almarhum dan hasil investigasi Komnas dan Komda KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) bisa segera didapatkan,” kata Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi kepada JawaPos.com, Senin (10/5).

Menurut Nadia, hingga saat ini penyebab meninggalnya almarhum masih belum cukup bukti untuk dikaitkan dengan vaksinasi. Hal itu juga ditegaskan oleh Komnas KIPI.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Prof. Hindra Irawan Satari mengatakan pihaknya belum mendapatkan cukup bukti untuk mengaitkan kejadian itu dengan vaksinasi. Menurutnya Komnas bersama Komda DKI sudah melakukan audit bersama pada Jumat yang lalu.

“Kami menyimpulkan bahwa belum cukup bukti untuk mengaitkan KIPI ini dengan imunisasi. Oleh karena itu masih perlu dilakukan investigasi lebih lanjut,” katanya.

Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi. Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dalam beberapa kasus sebelumnya, meninggalnya orang yang statusnya telah divaksinasi Covid-19 adalah karena penyebab lain, bukan akibat dari vaksinasi yang diterimanya. Catatan kasus vaksin AstraZeneca sebelumnya juga sempat terjadi di Sulawesi Utara pada Maret 2021 lalu.

Saat itu pelaksanaan vaksinasi menggunakan AstraZeneca sempat dihentikan sementara karena terjadi efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada seseorang yang sudah disuntik. Sejumlah orang mengalami keluhan sampai harus dirawat di rumah sakit karena mengalami mual muntah. Namun akhirnya vaksinasi kembali dilanjutkan.(jpg)

Update