Rabu, 24 April 2024

Penelitian Terbaru, Covid-19 Bisa Menyebar di Udara Lebih dari 1,8 Meter

Berita Terkait

batampos.co.id – Laporan penelitian terbaru mengatakan bahwa Covid-19 dapat menyebar lebih dari 6 kaki atau 1,8 meter. Ini adalah kebalikan dari apa yang telah diketahui sebelumnya yang menyatakan bahwa infeksi kecil kemungkinannya untuk dihirup seseorang pada jarak yang lebih jauh dari 6 kaki.

Laporan The Siasat Daily baru-baru ini mengatakan bahwa ketika orang yang terinfeksi menghembuskan virus di dalam ruangan untuk jangka waktu yang lama kira-kira lebih dari 15 menit, dan dalam beberapa keadaan, berjam-jam, hal itu dapat mengakibatkan konsentrasi virus di ruang udara.

Ringkasan sains terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menetapkan bahwa sementara tetesan mengendap di udara dalam beberapa detik hingga menit, tetesan yang sangat halus dapat tetap melayang di udara selama beberapa menit hingga berjam-jam. Tetesan semacam itu membawa virus dan menularkan infeksi di udara.

Dilansir dari Science Times, Senin (10/5), orang biasanya mengeluarkan cairan pernapasan saat menghembuskan napas saat mereka melakukan pernapasan tenang, bernyanyi, berbicara, batuk, olahraga, dan bersin dalam bentuk tetesan. Paparan tetesan tersebut terjadi dalam tiga cara utama.

Pertama dengan menghirup cairan pernapasan yang sangat halus. Kedua, mengendapkan tetesan pernapasan pada selaput lendir yang terbuka di mulut, mata atau hidung melalui semprotan dan percikan langsung. Dan menyentuh selaput lendir dengan menggunakan tangan yang telah ternoda baik secara langsung melalui cairan pernapasan yang mengandung virus, atau secara tidak langsung dengan menyentuh permukaan yang terdapat virus di dalamnya.

Penularan Virus Melampaui 1,8 Meter

Lebih lanjut, CDC menjelaskan bahwa risiko infeksi Covid-19 bervariasi tergantung pada jumlah virus yang terpapar. Bahaya dalam kondisi ini lebih banyak pada area ruang tertutup dengan ventilasi yang tidak memadai.

Maka jika berada di dalam ruangan, tetaplah menjaga jarak fisik, penggunaan masker yang pas, menghindari area dan acara dalam ruangan yang ramai, dan ventilasi yang memadai.

CDC juga menyarankan bahwa metode tersebut akan mengurangi penularan dari menghirup virus dan pengendapan virus pada selaput lendir yang terbuka. Penularan melalui tangan dan permukaan yang kotor, dapat dihindari dengan praktik rutin mencuci tangan.

Airborne

Sejak dimulainya pandemi pada tahun 2020, para ilmuwan berpendapat bahwa Covid-19 tidak menyebar melalui udara. Tapi sekarang, pandangan ini telah berubah. Secara singkat, Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan, bukti yang ada menunjukkan bahwa infeksi menyebar terutama di antara orang-orang yang melakukan kontak dekat satu sama lain, biasanya dalam jarak pendek satu meter.

Seseorang dapat terinfeksi ketika tetesan atau aerosol yang mengandung virus dihirup atau bersentuhan langsung dengan mulut, hidung atau mata. Bulan lalu, NDTV melaporkan bahwa Lancet mengklaim dalam penilaian baru bahwa ada bukti kuat dan konstan yang membuktikan infeksi Covid-19 sebagian besar menyebar melalui udara.(jpg)

Update